Selasa 31 Dec 2019 09:10 WIB

Merkel: Saya Gunakan Seluruh Kekuatan Lawan Perubahan Iklim

Merkel mengatakan perubahan iklim adalah ancaman yang dibuat oleh manusia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Merkel Berkomitmen Perangi Perubahan iklim. Kanselir Jerman Angela Merkel (64 tahun).
Foto: Kay Nietfeld/dpa via AP
Merkel Berkomitmen Perangi Perubahan iklim. Kanselir Jerman Angela Merkel (64 tahun).

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Angela Merkel berkomitmen memerangi perubahan iklim demi menjamin kehidupan generasi masa depan yang lebih baik. Dia mengatakan, pemanasan global adalah ancaman yang dibuat oleh manusia itu sendiri.

"Pemanasan global nyata dan mengancam. Jadi kita harus melakukan segala hal yang manusiawi untuk mengatasi tantangan ini," ujar Merkel, Senin (30/12).

Baca Juga

Merkel mengatakan, generasi di masa depan harus hidup dengan lebih baik. Oleh karena itu, dia memastikan Jerman akan memberikan kontribusi memerangi perubahan iklim secara ekologis, ekonomi, dan sosial.

"Saya akan gunakan seluruh kekuatan yang saya bisa untuk memastikan Jerman berkontribusi," ujarnya.

Dia menambahkan, dirinya berada pada usia di mana tidak akan lagi mengalami semua konsekuensi perubahan iklim yang akan terjadi jika politikus tidak bertindak. Menurutnya, adalah anak dan cucu kita yang harus hidup dengan konsekuensi dari apa yang kita lakukan atau jangan lakukan hari ini.

Merkel (65 tahun) meminta Jerman berpikir secara luas dalam mengatasi tantangan yang muncul dari pemanasan global. Dia mendorong semua pihak di Jerman berpikir dengan cara baru dan bertindak lebih cepat dalam mengatasi pemanasan global.

"Untuk melakukan ini, kita perlu keberanian untuk berpikir dengan cara baru, kemauan untuk mencoba hal-hal baru, dan tekad untuk bertindak lebih cepat, yakin jalan yang tidak biasa dapat berhasil, dan harus berhasil," kata Merkel.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement