Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Petenis Dunia Sumbang Korban Kebakaran, Dua Juta Rupiah Untuk Setiap Servis

Jumat 03 Jan 2020 12:14 WIB

Red:

.

.

Usulan penggalangan dana muncul dari bintang tenis Australia, Nick Krygios.

Berbagai usaha untuk menggalang dana bagi para korban kebakaran semak di Australia mulai terlihat, salah satunya adalah dari kalangan pemain tenis yang sedang berkumpul menjelang turnamen grandslam Australia Terbuka, yang akan dimulai 20 Januari di Melbourne.

Baca Juga

Usulan penggalangan dana pertama kali muncul dari bintang lapangan tenis Australia yang kontroversial, Nick Krygios, yang mengatakan akan menyumbang $200, sekitar Rp 2 juta, untuk setiap servis as yang dilakukannya selama beberapa minggu ke depan.

Setelah cuitannya di Twitter, Tennis Australia mengatakan mereka juga akan melakukan hal yang sama untuk membantu para korban kebakaran semak.

"Semakin banyak pemberitaan, kita memiliki potensi untuk melakukan sesuatu yang istimewa," kata Kyrgios kepada media menjelang pertandingan Piala ATP, dimana dia mewakili Australia untuk bertanding di Brisbane mulai hari Jumat (3/1/2020).

"Keadaan sangat buruk musim panas ini, sangat tragis dengan apa yang terjadi khususnya di kota kelahiran saya, Canberra yang dipenuhi asap, kabut asap terburuk di dunia saat ini." katanya.

Setelah pemain tenis yang kini menduduki peringkat 30 dunia ini menyatakan niatnya, rekan satu timnya, Alex de Minaur juga mengatakan akan menyumbang $250 dari setiap servis asnya.

Servis as adalah servis yang dilakukan pemain yang tidak bisa dikembalikan sama sekali oleh lawannya.

"Saya tidak akan bisa melakukan servis sebanyak kamu," kata de Minaur kepada Krygios.

Selama tahun 2019, Kyrgios melakukan serve 597 kali, tapi dalam turnamen selama musim panas di Australia Terbuka mungkin dia tidak akan mencapai jumlah yang sama.

Namun tetap saja sumbangan dari Kyrgios masih akan mencapai ribuan dollar.

Piala ATP, turnamen beregu putra akan dilangsungkan di Sydney, Perth, dan Brisbane.

Penyelenggara mengatakan bahwa dari setiap servis as yang dilakukan di turnamen tersebut akan disumbangkan uang senilai $100, sekitar Rp 1juta, kepada Palang Merah.

 

Turnamen ini diikuti oleh para tenis tingkat dunia, seperti petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal dari Spanyol dan petenis nomor dua dunia, Novak Djokovic dari Serbia.

Penggalangan dana juga sudah dilakukan lembaga penyiaran ABC bersamaan dengan malam perayaan pergantian tahun baru.

Setiap tahun sebelum menayangkan Pesta Kembang Api di Sydney, ABC TV menampilkan sejumlah pertunjukkan musik.

Selasa lalu (1/01/2020), dalam tayangan selama lebih dari 3 jam, ABC meminta penonton untuk menyumbangkan dana bagi kebakaran semak.

Sejauh ini ABC mengatakan sudah berhasil mengumpulkan uang sebanyak $ 2.8 juta, sekitar Rp 28 miliar.

Organisasi lain yang sudah menyerukan penggalangan dana adalah Australian Islamic Center.

Dalam seruannya, mereka meminta warga yang ingin menyumbang untuk lebih memilih memberikan barang-barang seperti air dalam kemasan, tissue, mie instan, serta barang-barang yang bisa digunakan bagi mereka yang masih menngungsi seperti odol dan sikat gigi, bantal, baju tidur, dan juga bantal.

AAP/ABC

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA