Senin 06 Jan 2020 16:39 WIB

Menlu Retno Temui Dubes AS-Iran, Minta Dua Pihak Tahan Diri

Ketegangan AS dan Iran meningkat setelah Qassem Soleimani terbunuh.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi
Foto: Republika TV/Surya Dinata
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menemui Duta Besar Iran dan Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia pada Senin (6/1) sore. Pertemuan secara terpisah tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan pemerintah Indonesia agar kedua negara menahan diri untuk menurunkan ekskalasi di Timur Tengah.

"Saya pukul 15.00 WIB akan melakukan pertemuan dengan Dubes Iran dan secara terpisah dengan Dubes Amerika untuk menyampaikan pesan harapan Indonesia agar masing-masing pihak menahan diri," ujar Retno Marsudi usai menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Senin (6/1).

Baca Juga

Ketegangan di Timur Tengah meningkat menyusul langkah Amerika Serikat (AS) meluncurkan serangan yang menewaskan seorang jenderal militer Iran, Qassem Soleimani, pada Jumat (3/1) lalu. Serangan itu direstui oleh Presiden AS Donald Trump. Seorang pejabat senior administrasi Trump mengatakan Soleimani telah merencanakan serangan segera terhadap personel AS di Timur Tengah.

Soleimani, seorang jenderal berusia 62 tahun yang mengepalai pasukan Penjaga Revolusi Iran di luar negeri, dianggap sebagai tokoh paling kuat kedua di negara itu setelah Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement