Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Jerman-Swiss Puji Festival Unta Saudi: Dongkrak Wisata

Selasa 07 Jan 2020 16:28 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah

Festival Unta Raja Abdul Aziz mencetak rekor Museum Rekor Dunia.

Festival Unta Raja Abdul Aziz mencetak rekor Museum Rekor Dunia.

Foto: arabicpost
Festival Unta Raja Abdul Aziz mencetak rekor Museum Rekor Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Dua delegasi dari Kedutaan Jerman dan Swiss melakukan kunjungan pada  Sabtu (4/1) ke Festival Unta Raja Abdul Aziz. Kantor Berita Saudi, Saudi Press Agency (SPA) mengatakan acara ini diadakan di Al-Sayahid Selatan (Al-Sayahid Al-Janoubiyah). 

Baca Juga

Kedua delegasi menyaksikan beberapa kategori kompetisi “Unta 30” (Jamal 30). Dilansir di Saudi Gazette, mereka merasa senang menghadiri festival.  

Kedua pihak juga menekankan bahwa balapan unta adalah karnaval yang luar biasa dan unik. Festival semacam ini tidak dapat ditemukan di Eropa atau tempat lainnya.

Delegasi dari Jerman dan Swiss ini menegaskan jika kegiatan tersebut merupakan daya tarik bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Acara festival yang digelar pada hari Sabtu (4/1) ini dihadiri beragam orang. Tercatat lebih dari 8.000 orang ikut berpartisipasi termasuk warga Saudi dan wisatawan asing. 

Festival Unta Putra Mahkota di Arab Saudi masuk dalam buku Guinness World Records untuk ketiga kalinya. Rekor baru tersebut dicatatkan pada edisi kedua dari festival unta itu.

Dilansir di SPA, Sabtu (14/9/2019), perwakilan dari Guinness World Records, Ahmed Gamal El Din menyampaikan sertifikat Guinness World Record kepada Pangeran Fahd bin Jalawi bin Abdulaziz bin Musaed, yang merupakan Presiden Federasi Unta Saudi dan Wakil Presiden Federasi Unta Internasional, sebagai pengakuan atas kesempatan tersebut. 

The Guinness World Records mencatat Festival Unta Putra Mahkota sebagai festival olahraga unta terbesar di dunia. Tahun lalu, Festival Unta Putra Mahkota juga masuk dalam catatan The Guinness World Records sebagai festival olahraga unta terbesar di dunia. 

Pada 2018, edisi pertama festival itu menampilkan keikutsertaan dari 11.186 unta yang berkompetisi dalam 787 putaran dari kompetisi selama lebih dari 40 hari dari 11 Agustus hingga 22 September 2018.

Sementara sebelumnya pada Agustus 2019 lalu, Saudi juga telah mencatatkan rekor baru dalam Guinness Book of Records dengan peluncuran model unta terbesar di dunia, di desa unta di King Faisal Park di Taif. 

Ketinggian model unta itu diperkirakan setinggi 10 meter dan lebar 5 meter. Patung unta itu berisi lebih dari 51 ribu lampu yang menyala dalam struktur yang dirancang dalam bentuk geometris. Rekor itu adalah rekor Guinness kedua yang diumumkan selama Festival Unta Putra Mahkota 2019. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA