Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Trump Kirim Ucapan Selamat Ultah untuk Kim Jong-un

Jumat 10 Jan 2020 19:20 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump. Saat bertemu delegasi Korea Utara, Trump menitipkan ucapan selamat ulang tahun untuk Kim.

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump. Saat bertemu delegasi Korea Utara, Trump menitipkan ucapan selamat ulang tahun untuk Kim.

Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP
Trump menitipkan ucapan selamat ulang tahun untuk Kim Jong Un.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kabar tersebut diungkapkan oleh penasihat keamanan nasional Korea Selatan, Chung Eui-Yong, Jumat.

Chung, yang bertemu Trump di Washington pekan ini, mengatakan pada awak media bahwa Presiden AS itu menitipkan pesan untuk Korea Utara. Pesan itu kemudian disampaikan pada Kamis.

"Presiden Trump ingat bahwa hari ulang tahun Kim Jong Un jatuh pada hari kami bertemu dan Beliau meminta saya untuk menyampaikan pesannya," kata Chung saat tiba kembali di Korea Selatan.

Ulang tahun Kim Jong Un diyakini jatuh pada 8 Januari, meskipun pemerintahannya yang tertutup tidak pernah memastikan kebenaran tanggal tersebut. Pemerintah AS mendaftarkan tahun kelahiran Kim sebagai tahun 1984. Itu artinya, Kim berusia 36 tahun pada tahun ini.

Chung tidak memberikan detail apakah pesan tersebut disampaikan secara tertulis atau apakah ada pesan lain yang turut disampaikan di luar ucapan selamat ulang tahun. Pada Rabu, Chung juga bertemu dengan utusan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, dan "kembali menegaskan koordinasi dekat AS dan Republik Korea", menurut juru bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus.

Keduanya juga membahas peristiwa terkini di Timur Tengah dan koordinasi kedua negara soal keamanan global. Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Negara Bagian California pekan depan, bersama dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi. Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan dengan Jepang akan menjadi salah satu agenda utama.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, Selasa, ada kebutuhan mendesak akan cara-cara praktis untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Utara. Dia juga mengatakan, pihaknya siap untuk bertemu dengan pimpinan Korea Utara.

Baca Juga

sumber : Antara, Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA