Senin 13 Jan 2020 10:29 WIB

ATP Sumbang Rp 6,8 M Atasi Kebakaran Hutan Australia

ATP memberi sumbangan sebesar 725 ribu dolar Australia atau lebih dari Rp 6,8 M

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seekor kanguru tampak di semak di kawasan Canberra, Australia, yang diselimuti kabut asap kebakaran. ATP memberi sumbangan sebesar 725 ribu dolar Australia atau lebih dari Rp 6,8 M atasi kebakaran di Australia. Ilustrasi.
Foto: AAP Image/Lukas Coch via REUTERS
Seekor kanguru tampak di semak di kawasan Canberra, Australia, yang diselimuti kabut asap kebakaran. ATP memberi sumbangan sebesar 725 ribu dolar Australia atau lebih dari Rp 6,8 M atasi kebakaran di Australia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Asosiasi Tenis Profesional (ATP) mengumumkan sumbangan sebesar 725 ribu dolar Australia atau lebih dari Rp 6,8 miliar yang berasal dari petenis yang mengikuti ATP Cup 2020 akan digunakan untuk usaha penanganan kebakaran lahan Australia. Sumbangan tersebut akan disalurkan kepada organisasi WWF Australia dan Nature Recovery Fund.

Keterangan itu sebagaimana yang diinfokan Novak Djokovic (Serbia) dan Rafael Nadal (Spanyol) setelah sesi penyerahan piala gelar juara ATP Cup 2020 di Ken Rosewall Arena Sydney dilansir ATPTour, Senin (13/1). ATP dan tim negara yang mengikuti turnamen ini berinisiatif untuk melakukan kampanye amal melalui perhitungan jumlah Ace yang dicatatkan para pemain sejak hari pertama di babak penyisihan hingga babak final.

Baca Juga

"Australia menjadi tuan rumah agenda ATP setiap Januari dengan pelaksanaan yang baik, termasuk edisi pertama ATP Cup tahun ini. Kerusakan yang kita lihat di seluruh negeri akibat kebakaran lahan sangat menyedihkan. Semua cabang olahraga sudah bekerja sama untuk memberikan dukungan, terutama para atlet yang punya ikatan dengan negara ini. Sehubungan dengan ini, ATP ingin berperan serta dan terus bekerja sama dengan Tennis Australia dalam inisiatif usaha amal melalui olahraga," kata Ketua ATP Andrea Gaudenzi.

Djokovic, selaku Presiden Dewan Pemain ATP juga turut prihatin atas kebakaran lahan yang menimpa Australia dan belum tertangani sepenuhnya sampai sekarang. "Australia adalah negara yang ramah dan indah, terasa seperti rumah sendiri setiap datang di awal musim (pertandingan). Kerusakan akibat kebakaran ini begitu merusak lingkungan dan alam. Sumbangan dari ATP ini semoga bisa membantu mereka yang terdampak bencana ini," ujar Djokovic.

Kampanye penggalangan dana dengan tagar #Aces4BushfireRelief ini juga menarik perhatian sejumlah petenis yang ikut menyumbang dengan inisiatif mereka sendiri, selain menggunakan lini media sosial untuk menarik minat. Banyak bintang besar ATP termasuk Djokovic, Nadal, Roger Federer (Swiss), Stefanos Tsitsipas (Yunani), dan Nick Kyrgios (Australia) akan berpartisipasi dalam acara pertandingan eksibisi bertajuk Australian Open Rally for Relief di Rod Laver Arena Melbourne, Rabu (15/1). Semua dana yang terkumpul dari agenda tersebut akan disumbangkan untuk penanganan kebakaran lahan di Australia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement