Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Pesawat Tempur Israel Serang Pangkalan Udara Suriah

Rabu 15 Jan 2020 07:54 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

Pesawat tempur Israel

Pesawat tempur Israel

Foto: PALESTINIAN INFORMATION CENTER
Suriah menjatuhkan beberapa rudal dalam serangan jet tempur Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Tentara Suriah mengatakan, pesawat tempur Israel menyerang pangkalan udara utama T4 di provinsi Homs, Selasa (14/1). Pertahanan udara Suriah pun dapat menjatuhkan beberapa rudal dalam serangan yang hanya menyebabkan kerusakan material saja.

Baca Juga

Laporan kantor berita pemeirntah Suriah SANA menyatakan, juru bicara militer menjelaskan empat rudal Israel telah mencapai pangkalan itu. Namun, pertahanan udara mencegat beberapa rudal lain yang dijatuhkan.

Televisi pemerintah sebelumnya tidak mengatakan siapa yang berada di belakang serangan di pangkalan udara utama. Namun, tidak beberapa lama, Suriah pun mengungkapkan dalang di balik serangan itu.

Israel telah berulang kali membom target milisi yang didukung Iran di Suriah. Serangan yang dilakukan diklaim bertujuan untuk mengakhiri kehadiran militer Teheran di negara yang dilanda perang.

Pangkalan udara T4, yang menurut sumber-sumber intelijen Barat, telah digunakan sebagai pangkalan bagi Pengawal Revolusi Iran. Tempat itu telah beberapa kali dihantam oleh Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Israel di masa lalu mengatakan, Iran menggunakan pangkalan T4 untuk mentransfer senjata ke Hizbullah. Kelompok milisi Syiah Lebanon tersebut telah berperang selama sebulan pada 2006. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA