Jumat 17 Jan 2020 02:21 WIB

Repatriasi Anak Anggota ISIS Tanpa Ibu Tuai Kecaman

Para pegiat HAM kecam Inggris karena merepatriasi anak-anak anggota ISIS tanpa ibunya

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Christiyaningsih
Kamp pengungsian Al-Hol di Hassakeh, Suriah yang menampung keluarga anggota militan ISIS. Para pegiat HAM kecam Inggris karena merepatriasi anak-anak anggota ISIS tanpa ibunya. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Kamp pengungsian Al-Hol di Hassakeh, Suriah yang menampung keluarga anggota militan ISIS. Para pegiat HAM kecam Inggris karena merepatriasi anak-anak anggota ISIS tanpa ibunya. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para pegiat HAM mengecam pemerintah Inggris karena dilaporkan setuju merepatriasi anak-anak dari kamp-kamp Suriah dengan kondisi tidak bersama orang tuanya. Salah satu mantan warga negara Inggris, Mehak Aslam, yang bergabung dengan ISIS pada 2014 diminta menandatangani dokumen yang memungkinkan keempat anaknya kembali ke Inggris dengan syarat dia tidak ikut.

Saat ini, mereka ditahan bersama keluarga ISIS lainnya di sebuah kamp di Suriah. Suaminya, Shahan Choudhury, ditahan di penjara terdekat.

Baca Juga

Dilansir Independent pada Kamis (16/1), sebuah surat dari Kantor Luar Negeri kepada keluarga menyatakan jika Aslam membuat permintaan baru untuk memulangkan anak-anaknya tanpa dirinya, maka institusi itu segera menindaklanjuti. Jika tawaran yang sama dibuat untuk tahanan Inggris lainnya, maka bisa memberikan rute keluar dari Suriah untuk puluhan anak-anak.

Namun Direktur Penangguhan Derma, Maya Foa, menganggap pemerintah Inggris memiliki pilihan untuk membawa kembali para ibu di Suriah timur laut bersama dengan anak-anaknya, serta menjaga kesatuan keluarga. Jika pilihan itu yang diambil Inggris, Foa mengatakan semua organisasi hak-hak anak akan setuju demi kepentingan terbaik.

“Jika para ibu memiliki tuduhan untuk menjawab, mereka dapat dan harus dituntut di sini di Inggris oleh sistem peradilan kami yang menangani kasus-kasus rumit setiap hari,” kata Foa.

Pasangan Shahan Choudhury dan Mehak Aslam yang berasal dari London, telah dicabut kewarganegaraan Inggrisnya sebagai bagian dari upaya kontroversial pemerintah untuk mencegah kembalinya dugaan mantan anggota ISIS. Menurut dokumen pemerintah, perampasan kewarganegaraan hanya dapat dilakukan jika itu kondusif untuk kepentingan publik, termasuk alasan keamanan nasional.

Meskipun ada tantangan hukum, pemerintah mengklaim dapat menggunakan tindakan itu. Bahkan jika langkah tersebut membuat seseorang tidak memiliki kewarganegaraan selama ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa mereka dapat mengklaim kewarganegaraan di tempat lain. Angka-angka terbaru menunjukkan bahwa 104 orang kehilangan kewarganegaraan Inggris pada 2017.

Ayah Aslam, Mohammed, mengatakan cucu sulungnya telah terbunuh dalam ledakan di benteng terakhir ISIS di Baghouz. Kini, dirinya mengkhawatirkan keselamatan saudara-saudaranya di tengah perang yang berkelanjutan dan kondisi yang mengerikan di kamp-kamp.

"Saya tidak pernah bisa memaafkan mereka untuk itu. Mereka ingin mengambil langkah ini untuk diri mereka sendiri. Tidak apa-apa, itu masalah mereka, tetapi mengapa melibatkan anak-anak dalam hal ini,” ujar Mohammed.

Dia mengatakan kebijakan Pemerintah Inggris akan menjadi hal yang sangat sulit bagi Aslam karena dipisahkan dari anak-anaknya. “(Namun) saya harap dia akan melihat sisi baiknya dan menyadari ini adalah demi kepentingan terbaik anak-anak,” kata Mohammed.

Pemerintah mengumumkan akhir tahun lalu bahwa sejumlah kecil anak yatim akan dibawa kembali dari Inggris, tetapi badan amal memperkirakan 60 anak-anak Inggris masih berada di kamp-kamp Suriah.

Berbicara kepada parlemen pada November, Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan bersedia memulangkan anak di bawah umur atau anak yatim di Inggris yang tidak didampingi dan tidak berisiko terhadap keamanan Inggris. Dia mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan dengan hati-hati permintaan individu untuk dukungan konsuler secara lebih umum dan tunduk pada pertimbangan keamanan nasional.

Namun, Inggris tidak memiliki kehadiran konsuler di Suriah untuk memberikan bantuan. Kondisi itu membuat upaya pemulangan sangat sulit, tetapi pemerintah merespons pada dasar kasus per kasus.

Permintaan bantuan dari keluarga di Suriah dapat dikirim ke pemerintah Inggris oleh teman dan kerabat pada contoh pertama, karena tidak memiliki kehadiran konsuler di negara tersebut. Seorang juru bicara Kantor Luar Negeri mengatakan tidak akan mengomentari kasus individu itu. “Keputusan mempertimbangkan semua pertimbangan yang relevan termasuk kebangsaan, keamanan nasional dan kelayakan,” ujar juru bicara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement