Jumat 17 Jan 2020 15:45 WIB

170 Orang di Kalifornia Diduga Kena Wabah Norovirus

Sekitar 170 orang yang kunjungi Taman Nasional Yosemite di Kalifornia kena norovirus

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Taman Nasional Yosemite Kalifornia. Sekitar 170 orang yang kunjungi Taman Nasional Yosemite di Kalifornia kena norovirus.
Foto: Theactivetimes
Taman Nasional Yosemite Kalifornia. Sekitar 170 orang yang kunjungi Taman Nasional Yosemite di Kalifornia kena norovirus.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Sekitar 170 orang yang dalam beberapa pekan terakhir mengunjungi Taman Nasional Yosemite di Kalifornia, Amerika Serikat (AS), mengalami gangguan sistem pencernaan. Keluhan ini terindikasi akibat norovirus.

Dua antara orang-orang itu telah didiagnosis menderita penyakit tersebut, kata pejabat taman nasional tersebut, Kamis (16/1). Juru bicara pengelola Taman Nasional Yosemite, Scott Gediman, menyebut dalam keterangan tertulis bahwa sebagian besar pasien itu sebelumnya menghabiskan waktu di Lembah Yosemite selama atau sekitar pekan pertama Januari.

Baca Juga

Beberapa hari belakangan, jumlah kasus baru yang dilaporkan telah menurun. "Pihak pengelola Taman Nasional Yosemite tengah menjalankan penyelidikan atas wabah yang kebanyakan laporan kasusnya menyertakan kaitan dengan norovirus," kata Gediman.

Selain itu, Taman Nasional Yosemite juga melakukan pembersihan secara luas dan meningkatkan protokol sanitasi menyusul kemunculan kasus wabah tersebut. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menggambarkan penyakit akibat norovirus sebagai penyakit sangat menular pada perut hingga membuat penderitanya muntah-muntah dan diare. Penyakit itu juga dikatakan bisa menyebar melalui kontak dengan pasien terinfeksi atau permukaan yang terkontaminasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement