Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Gali Terowongan, 75 Napi di Paraguay Kabur dari Penjara

Senin 20 Jan 2020 07:30 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Ilustrasi tahanan kabur

Ilustrasi tahanan kabur

Foto: Republika On Line/Mardiah diah
Diduga kepala penjara mengetahui adanya penggalian terowongan itu.

REPUBLIKA.CO.ID, ASUNCION-- Setidaknya 75 narapidana berhasil kabur dari sebuah penjara di kota Pedro Juan Caballero, Paraguay, pada Ahad (19/1). Mereka yang kabur termasuk anggota First Capital Command (PCC), kelompok kejahatan terorganisasi dan paling kuat di Brasil.

Para tahanan kabur dengan cara menggali sebuah terowongan dari dalam penjara. Menteri Kehakiman Paraguay Cecilia Perez meyakini petugas, termasuk kepala penjara, sebenarnya mengetahui adanya pekerjaan penggalian terowongan itu.

"Ini adalah operasi yang memakan waktu berhari-hari dan mustahil para pejabat (di penjara) itu tidak menyadari bahwa mereka akan kabur. Jelas ini adalah rencana berbayar," kata Perez.

Dia mengatakan bahwa kepala penjara telah dipecat. Selain itu terdapat enam pejabat lain yang turut diberhentikan. Saat ini otoritas Paraguay masih berupaya melacak dan memburu para narapidana yang kabur. Mereka diyakini masih berada di wilayah Paraguay.

Kota Pedro Juan Caballero berada dekat perbatasa Brasil. Wilayah perbatasan itu dianggap sebagai titik transit perdagangan narkoba dan kegiatan kriminal lainnya. Geng-geng seperti PCC Brasil, Comando Vermelho, atau Red Command adalah aktor yang kerap terlibat dalam kegiatan ilegal di sana.

Baca Juga

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA