Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Pasukan Israel Tembak Mati Tiga Warga Palestina

Rabu 22 Jan 2020 09:29 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Pasukan Israel menembak dan menewaskan tiga warga Palestina. (ilustrasi)

Pasukan Israel menembak dan menewaskan tiga warga Palestina. (ilustrasi)

Foto: Anadolu agency
Pasukan Israel menembak dan menewaskan tiga warga Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pasukan Israel menembak dan menewaskan tiga warga Palestina yang melemparkan alat peledak ke arah mereka setelah berupaya menyeberangi perbatasan dari Gaza. Demikian keterangan menurut militer Israel, Selasa.

Militer menyebutkan pasukan mengepung satu daerah dekat ujung selatan wilayah kantong Palestina setelah melihat 'tiga tersangka' menyeberangi perbatasan. "(Mereka) ke daerah itu untuk mengejar tersangka yang melemparkan granat atau alat peledak ke arah pasukan, yang kemudian menembaki tiga warga Palestina," demikian pernyataan militer.

Kematian itu dibenarkan oleh juru bicara militer Israel. Dua korban tewas berusia 18 tahun dan seorang lagi berusia 17 tahun, menurut sumber polisi di Gaza.

Sumber itu menyebutkan mereka adalah warga sipil tanpa ada kaitannya dengan gerilyawan di Gaza. Ia pun mempertanyakan laporan Israel yang katanya warga Palestina itu melemparkan alat peledak ke arah pasukan.

Tidak ada pernyataan langsung dari penguasa Hamas di Gaza atau kelompok gerilyawan lainnya di kantong tersebut. Israel dan Hamas terlibat perang tiga kali dalam satu dekade terakhir, di luar puluhan pertempuran berskala kecil lainnya.

Korban tewas pada Selasa menjadi yang pertama dalam pertempuran lintas perbatasan sejak lonjakan kekerasan selama dua hari pada November antara Israel dan faksi Jihad Islam yang bermarkas di Gaza, yang menyebabkan 34 warga Palestina meninggal dan puluhan warga Israel terluka.

Israel masih memblokade Gaza dengan membatasi secara ketat pergerakan keluar wilayah tersebut, yang menampung dua juta warga Palestina. Israel mengaku blokade tersebut membantu menghentikan pengiriman senjata ke Hamas.

Baca Juga

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA