Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

AirAsia Batalkan Penerbangan dari dan ke Wuhan

Selasa 28 Jan 2020 02:02 WIB

Red: Indira Rezkisari

Mengantisipasi penyebaran viris corona, AirAsia membatalkan penerbangan dari dan ke Wuhan, China.

Mengantisipasi penyebaran viris corona, AirAsia membatalkan penerbangan dari dan ke Wuhan, China.

Foto: Republika
Pembatalan penerbangan AirAsia tujuan Wuhan dilakukan hingga bulan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerbangan maskapai AirAsia dari Kota Kinabalu, Bangkok, dan Phuket ke Wuhan untuk sementara waktu dibatalkan hingga 15 Februari 2020. Pembatalan terkait pencegahan penyebaran virus corona.

Communications PT Indonesia AirAsia Dion Putra Arie Parada dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/1), mengatakan pihaknya menyarankan bagi penumpang dengan rute penerbangan ke atau dari semua destinasi di China untuk mengajukan permohonan akun kredit (credit account). Atau pengembalian dana (full refund).

Beberapa destinasi dalam jaringan penerbangan AirAsia telah memberlakukan larangan perjalanan untuk penumpang berdasarkan kebangsaan, kota asal, riwayat perjalanan, dan tujuan perjalanan. “Para penumpang disarankan untuk melakukan pengecekan ke pemerintah setempat atau kantor kedutaan terkait sebelum melakukan perjalanan,” ujarnya.

AirAsia menawarkan kompensasi bagi penumpang yang terdampak oleh perubahan jadwal penerbangan dan larangan bepergian, sebagai berikut. Pertama, akun kredit (Credit Account). Kredit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya.

Kredit ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan, untuk tanggal keberangkatan kapan saja. Kredit tergantung pada ketersediaan.

Tanggal perjalanan dapat di luar masa berlaku hanya bila penerbangan tidak lagi tersedia. Tersedia untuk penerbangan ke/dari semua kota di China hingga 15 Februari 2020 (atau hingga 29 Februari hanya untuk penerbangan ke/dari Wuhan) yang tiketnya diterbitkan sebelum tanggal 24 Januari 2020.

Kedua, pengembalian dana (Full Refund). Pengembalian dana secara penuh sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan, senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan.

Tersedia untuk penerbangan ke/dari seluruh kota di China hingga 15 Februari 2020 dan penerbangan pulang tanggal 16-29 Februari 2020 yang tiketnya diterbitkan sebelum tanggal 24 Januari 2020.

Permohonan pengembalian dana dapat diajukan melalui AVA yang dapat diakses melalui support.airasia.com. Dari pilihan menu yang tersedia, klik kategori “Pengembalian Dana”, lalu klik “Permohonan Pengembalian Dana Baru”, pilih "Penerbangan ke dan dari Wuhan" atau “Pengembalian Dana Sukarela China” untuk penerbangan ke/dari kota lainnya di China. Lalu ikuti arahan selanjutnya.

Pengembalian dana untuk tiket yang dipesan melalui agen perjalanan (travel agent) termasuk online travel agent (OTA) hanya dapat dilakukan melalui agen tempat tiket tersebut dipesan.

AirAsia memastikan akan selalu mengutamakan penumpang dan karyawan, serta mengikuti arahan dan peraturan dari pemerintah setempat, CAAC, dan otoritas kesehatan lokal dan dunia, termasuk World Health Organization (WHO).

“AirAsia mengimbau penumpang yang berada di Wuhan untuk mengikuti arahan dari pemerintah China dan otoritas kesehatan, serta menghubungi kantor kedutaan atau perwakilan diplomatik yang berada di China untuk bantuan lebih lanjut,” katanya.

AirAsia terus memantau situasi dan menyampaikan informasi kebijakan terbaru sesuai dengan perkembangan terkini.





Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA