Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Muncul Peringatan Tsunami Setelah Gempa di Karibia

Rabu 29 Jan 2020 07:42 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Sebuah peringatan tsunami dikeluarkan usai gempa melanda Karibia. Ilustrasi.

Sebuah peringatan tsunami dikeluarkan usai gempa melanda Karibia. Ilustrasi.

Foto: Pixabay
Sebuah peringatan tsunami dikeluarkan usai gempa melanda Karibia

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Gempa bumi bermagnitudo 7,7 melanda kepulauan Karibia, Selasa (28/1) waktu setempat. Sebuah peringatan tsunami kemudian dikeluarkan untuk Jamaika, Kuba, dan Kepulauan Cayman.

"Gelombang tsunami berbahaya dari gempa ini dimungkinkan dalam 300 kilometer (186 mil) dari pusat gempa di sepanjang pantai Jamaika, Kepulauan Cayman, dan Kuba," kata Pusat Informasi Tsunami Internasional seperti dikutip Aljazirah, Rabu (29/1).

Badan penanggulangan bencana untuk pemerintah Kepulauan Cayman mengumumkan melalui Twitter resmi yang mencicitkan mendesak orang untuk pindah dari daerah pantai. "Bagi mereka yang berada di daerah dataran rendah harus mengungsi ke atas gedung-gedung yang kuat," kata badan tersebut.

Dilansir laman Anadolu Agency, Survey Geologi AS (USGS) mencatat gempa melanda pada kedalaman 117 kilometer barat laut kota pesisir Lucea, Jamaika. Pusat gempa terletak 126 mil utara-barat laut Lucea.

Gempa terjadi pada pukul 02.10 malam waktu lokal. Episentrumnya relatif dangkal atau sekitar enam mil di bawah permukaan. Hingga kini belum ada laporan soal kerusakan ataupun cedera. USGS awalnya melaporkan getaran 7,3 skala besar tetapi direvisi menjadi 7,7.

Kendati demikian, getaran gempa tidak terasa kuat di ibu kota Kuba Havana atau Kingston, Jamaika, menurut saksi kantor berita Reuters. Mikhail Campbell, seorang petugas hubungan media polisi di Kepulauan Cayman, mengatakan ia belum mengetahui adanya laporan kerusakan serius.

Baca Juga

sumber : Anadolu Agency
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA