Senin 03 Feb 2020 20:54 WIB

Brasil Susun Rencana Pulangkan Warganya dari Wuhan

Angkatan Udara Brasil kemungkinan melibatkan pesawat sewaan untuk kepulangan warga.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro.
Foto: AP Photo/Eraldo Peres
Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Pemerintah Brasil sedang merancang rencana untuk mengevakuasi para warga negaranya dari Provinsi Hubei di China. Presiden Jair Bolsonaro mengatakan semua warga Brazil di kawasan itu, yang ingin kembali ke Brasil, akan dibawa pulang.

Pernyataan juga menyebutkan bahwa mereka yang kembali dari sana akan dikarantina selama waktu tertentu. Angkatan Udara Brazil sedang mengatur rencana tersebut, yang kemungkinan akan melibatkan pesawat-pesawat sewaan.

Baca Juga

Pekan lalu, Bolsonaro mengatakan pemulangan warga Brazil dari kawasan itu tidak akan "menguntungkan" karena bisa menimbulkan risiko bagi penduduk di Brasil. Ia juga menyebutkan soal biaya pelaksanaan evakuasi serta menyatakan bahwa undang-undang Brasil kemungkinan tidak akan melingkupi langkah untuk mengarantina orang.

Namun, Bolsonaro tampak melunakkan sikapnya. Pada akhir pekan, sejumlah warga Brazil di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, mengunggah video yang berisi permintaan kepada sang presiden untuk membawa mereka keluar dari daerah itu.

Di Brasil, ada 16 dugaan kasus virus corona. Belum ada orang yang dipastikan tertular.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement