Selasa 04 Feb 2020 06:44 WIB

Ayah Dikarantina karena Corona, Anaknya Meninggal Kelaparan

Remaja disabiltitas itu meninggal seminggu setelah ayah dan kakaknya dikarantina.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang wanita mengantre di depan sebuah toko farmasi untuk membeli masker di Hong Kong, China. Virus Corona saat ini telah menelan korban ratusan jiwa di China (ilustrasi)
Foto: Jerome Favre/EPA-EFE
Seorang wanita mengantre di depan sebuah toko farmasi untuk membeli masker di Hong Kong, China. Virus Corona saat ini telah menelan korban ratusan jiwa di China (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING -- Dua pejabat di China telah dipecat dari jabatan mereka setelah seorang remaja dengan cerebral palsy meninggal ketika ayahnya dan adiknya dikarantina karena dicurigai terinfeksi virus corona Wuhan. Yan Cheng (16) ditemukan tewas pada Rabu (29/1) seminggu setelah ayah dan adiknya ditempatkan di karantina.

Bocah itu hanya diberi makan dua kali selama masa ini, menurut laporan, dilansir di BBC, Selasa (4/2). Yan Cheng, ayahnya yang berusia 49 tahun dan saudara laki-lakinya yang autis berusia 11 tahun melakukan perjalanan dari Wuhan pada 17 Januari untuk merayakan Tahun Baru Imlek di desa leluhur mereka di kota Huahe, kabupaten Hongan. Desa ini berada sekitar 150 km dari China Tengah, kota tempat virus corona pertama kali dilaporkan.

Baca Juga

Sang ayah, Yan Xiaowen, menderita demam tiga hari kemudian. Dia dan adik laki-laki Cheng dikarantina oleh pihak berwenang. Mereka difasilitas perawatan pada hari Jumat. Lalu Cheng ditinggalkan di rumah tanpa perawatan, makanan atau orang yang menemani.

Baik sekretaris partai lokal dan wali kota di Kota Huajiahe telah diberhentikan karena kasus ini. Kisah Yan Cheng telah menjadi tren di situs web media sosial China. Menurut media setempat, ayah remaja itu memposting di platform media sosial China, Weibo, memohon bantuan dan menjelaskan bahwa putranya dibiarkan sendirian tanpa makanan atau air.

Cerebral palsy adalah nama untuk sekelompok kondisi yang muncul pada anak usia dini, dan memengaruhi gerakan dan koordinasi. Gejalanya bervariasi, dan dapat meliputi tremor, otot kaku atau lemah, masalah menelan, dan masalah dengan penglihatan, bicara dan pendengaran. Mereka yang memiliki penyakit ini kemungkinan sulit untuk melakukan apapun sendiri.

Pejabat sebelumnya mengumumkan bahwa penyelidikan akan dilakukan terhadap kematian bocah itu. Di China, 361 orang telah meninggal karena virus corona dan lebih dari 17 ribu kasus virus telah dikonfirmasi. Ada juga lebih dari 150 kasus virus yang dikonfirmasi di luar China, termasuk satu kematian di Filipina.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan jumlah kasus yang kemungkinan akan meningkat lebih lanjut, dan otoritas China telah memperkenalkan sejumlah langkah untuk mencoba menghentikan penyebaran virus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement