Jumat 07 Feb 2020 13:57 WIB

Kandidat Capres AS, Buttigieg Ungguli Bernie Sanders di Iowa

Buttigieg unggul dalam penghitungan suara pencalonan presiden Partai Demokrat di Iowa

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Kandidat capres AS Partai Demokrat Pete Buttigieg janji alokasikan 1 triliun dolar AS untuk infrastruktur. Ilustrasi.
Foto: Gary He/EPA
Kandidat capres AS Partai Demokrat Pete Buttigieg janji alokasikan 1 triliun dolar AS untuk infrastruktur. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Setelah pengumuman hasil kaukus Partai Demokrat di Iowa tertunda cukup lama, akhirnya Partai Demokrat Iowa mengumumkan Pete Buttigieg menang tipis dalam kaukus pencalonan presiden Partai Demokrat di negara bagian itu.

Pada Jumat (7/2), Partai Demokrat Iowa mengumumkan Buttigieg seorang moderat berusia 38 tahun mengalahkan Senator Amerika Serikat (AS) Bernie Sanders dengan perbandingan suara 26.2 persen dan 26,1 persen. Demokrat cabang Iowa mengatakan 100 persen persen suara dihitung.

Baca Juga

Senator Elizabeth Warren yang berada di urutan ketiga mendapatkan 18 persen suara. Sementara, mantan Wakil Presiden Joe Biden diposisi keempat dengan 15,8 persen dan Senator Amy Klobuchar mendapatkan 12,3 persen.

Hasil yang diwarnai oleh kerusakan dan kesalahan teknis maupun organisasi itu dapat membentuk ulang pencalonan kandidat presiden Partai Demokrat untuk pemilihan presiden bulan November mendatang. Selain itu, masa depan Biden yang sebelumnya menjadi kandidat unggulan mulai dipertanyakan.

Pada Senin (3/2) malam, Partai Demokrat Iowa menyambangi 1.600 sekolah, gedung rekreasi, dan tempat publik lainnya. Mereka meminta pendukung Partai Demokrat untuk memilih satu dari 11 kandidat calon presiden dari partai itu. Walaupun hasilnya sudah diumumkan tapi kandidat-kandidat calon presiden sudah meninggalkan Iowa, mereka akan mulai memusatkan perhatian dalam kontestansi di New Hampshire pada 11 Februari mendatang.

Panitia kaukus menyalahkan keterlambatan pengumuman itu pada aplikasi telepon pintar baru yang digunakan untuk menghitung suara. Ketua Komite Partai Demokrat Nasional Tom Perez menyerukan agar ada audit dalam kaukus Iowa. Masalah teknis memicu ketidakpastiaan keakuratan perhitungan.

"Saya ingin memastikan setiap pemilih Iowa tahu suara mereka dihitung," kata Perez di stasiun televisi MSNBC.

Ia mengatakan peninjaun apa pun tampaknya tidak akan mengubah komposisi 41 delegasi negara bagian yang ikut ke Konvensi Nasional Partai Demokrat. Ketua Partai Demokrat Iowa Troy Price mengatakan pihaknya tidak berencana untuk mulai melakukan audit dan akan melakukannya bila ada kandidat yang meminta.

Sebelum hasil akhir diumum Sanders berterimakasih kepada warga Iowa. Ia mengatakan berhasil memenangkan kaukus Iowa.

Sanders tampaknya tidak terganggu dengan hasil akhir. Ia mengatakan harus mulai melangkah maju ke New Hampshire.

"Saya curiga pada akhirnya Pak Buttigieg dan saya akan memiliki jumlah delegasi yang sama di konvensi nasional," katanya Sanders kepada stasiun televisi CNN. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement