Sabtu 08 Feb 2020 19:08 WIB

Khamenei: Iran tidak Mengancam Negara Mana Pun

Khamenei menegaskan Teheran bertekad untuk menjamin keamanannya sendiri.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatulloh Ali Khamenei.
Foto: Reuters
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatulloh Ali Khamenei.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei mengatakan Iran tidak mengancam negara mana pun. Dalam pertemuan yang disiarkan stasiun televisi negara Iran, Khamenei menegaskan Teheran bertekad untuk menjamin keamanannya sendiri.

"Iran tidak mengancam negara mana pun, tujuan kami hanya untuk memastikan keamanan kami sendiri," kata Khamenei pada sekelompok komandan dan staf Angkatan Udara Iran, Sabtu (8/2).

Baca Juga

Dilansir dari the Jerusalem Post, dalam pertemuan tersebut Khamenei menyamakan sanksi yang diterapkan Amerika Serikat (AS) terhadap Iran dengan 'tindakan kriminal'. Tetapi, menurutnya hal itu juga dapat menjadi peluang baru.

"Tetapi kami bisa mengubahnya menjadi peluang menjauhkan ketergantungan perekonomian Iran pada ekspor minyak," kata Khamenei.

Stasiun televisi negara melaporkan Khamenei mengatakan, Iran harus cukup kuat untuk menghadapi plot-plot musuh. Menurutnya, plot-plot musuh terhadap Iran telah gagal.

Dalam pertemuan komandan dan staf Angkatan Udara Iran itu Khamenei mengatakan, Iran memiliki angkatan udara yang kuat. Walaupun ada berbagai keterbatasan yang diterapkan AS sejak negara itu mengalami revolusi pada 1979.

"Sejak revolusi tujuan mereka menghentikan kami memiliki angkatan udara yang kuat, tapi lihat sekarang, kami bahkan membangun pesawat, kami telah mentransformasi tekanan menjadi kesempatan," kata Khamenei seperti dikutip kantor berita IRNA.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement