Senin 10 Feb 2020 09:31 WIB

PM Kanada Bahas Nasib Warganya di Penjara Mesir

PM Kanada bertemu dengan Presiden Mesir saat pertemuan puncak Uni Afrika.

Red: Nur Aini
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau
Foto: EPA
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

REPUBLIKA.CO.ID, ADDIS ABABA -- Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Ahad (9/2) bahwa dia mengangkat kasus warga Kanada yang sedang dipenjara di Mesir bersama Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

"Kami selalu berdiri membela rakyat Kanada yang mengalami kesulitan di seluruh dunia," kata Trudeau dalam siaran pers di Addis Ababa, Ethiopia, tempat dia sedang menghadiri pertemuan puncak Uni Afrika.

Baca Juga

"Ya saya mengemukakan kasus-kasus konsuler di Mesir bersama Presiden al-Sisi," ujarnya menambahkan.

Insinyur Kanada Yasser Albaz ditahan di bandara Kairo oleh otoritas Mesir sekitar setahun silam menjelang akhir perjalanan bisnisnya. Dia belum didakwa dan keluarganya sebelumnya berbicara kepada media Kanada. Keluarga prihatin atas keselamatannya.

Keluarga itu mengatakan tahun lalu bahwa paspor Albaz ditahan ketika dia berusaha masuk ke kabin pesawat yang akan terbang ke Kanada. Seorang pejabat Mesir mengatakan kepadanya bahwa namanya telah ditandai untuk penyelidikan

Mesir menghadapi kecaman karena catatan hak asasi manusianya. Hal itu khususnya setelah penangkapan massal tahun lalu yang terjadi setelah protes langka terhadap Sisi di Kairo dan kota-kota lain pada akhir September.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement