Rabu 12 Feb 2020 15:50 WIB

Seorang Pria Inggris Pulih dari Virus Corona

Pria di Inggris telah sepenuhnya pulih dari virus Corona

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Pria di Inggris telah sepenuhnya pulih dari virus Corona. Ilustrasi.
Foto: google.com
Pria di Inggris telah sepenuhnya pulih dari virus Corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang pria Inggris yang menularkan virus Corona kepada 11 orang lainnya, telah berbicara untuk pertama kalinya. Dia mengatakan bahwa dia telah sepenuhnya pulih dari penyakit tersebut.

Steve Walsh, yang tetap dikarantina di rumah sakit, mengatakan bahwa ia memikirkan orang lain yang terjangkit virus ini. Dia mengatakan keluarganya telah diminta untuk mengisolasi diri mereka sendiri sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga

Walsh dari Hove, yang bekerja di sebuah perusahaan yang menyediakan peralatan analisis gas, terjangkit virus di Singapura. Ia diperkirakan telah menginfeksi 11 lainnya di sebuah resor ski Prancis.

Dalam sebuah pernyataan dari karantina di Rumah Sakit Guy di London, Walsh berterima kasih kepada departemen kesehatan (NHS) atas perawatan mereka. Dia mengatakan dia menghubungi dokternya, NHS 111 dan Public Health England, untuk memberitahu bahwa dia telah terpapar pada kasus virus Corona yang dikonfirmasi.

"Saya disarankan untuk menghadiri ruang terisolasi di rumah sakit, meskipun tidak menunjukkan gejala, dan kemudian mengisolasi diri di rumah seperti yang diperintahkan," kata Walsh dilansir BBC, Rabu (12/2).

"Ketika diagnosis dikonfirmasi, saya dikirim ke unit isolasi di rumah sakit, tempat saya tinggal. Sebagai tindakan pencegahan, keluarga saya juga diminta untuk mengisolasi diri mereka sendiri," jelasnya.

Dia berterima kasih kepada teman, keluarga, dan kolega atas dukungan mereka. "Saya meminta media untuk menghormati privasi kami," tambahnya.

Lima dari kasus-kasus yang terkait dengan Walsh berada di Inggris, lima di Prancis, dan satu di Majorca, Spanyol. Dua orang yang tertular virus Corona di chalet tempat Steve Walsh tinggal adalah Bob Saynor dan istrinya, Catriona Greenwood.

Greenwood bekerja sebagai dokter umum di pusat kesehatan County Oak di Brighton, yang ditutup sementara pada Senin. Delapan orang telah dites positif untuk virus di Inggris sejauh ini. Salah satu dari mereka yang terinfeksi adalah pekerja A&E di Worthing Hospital di Sussex Barat, menurut Departemen Kesehatan Inggris pada hari Selasa.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock memperingatkan bahwa penyebaran virus Corona akan memburuk sebelum membaik. "Berurusan dengan penyakit ini adalah maraton, bukan lari cepat. Kami akan melakukan semua yang efektif untuk mengatasi virus ini dan menjaga orang tetap aman," kata Hancock kepada anggota parlemen di House of Commons.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement