Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

MWC 2020 Batal Digelar karena Wabah Virus Corona

Kamis 13 Feb 2020 12:07 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Petugas membersihkan kaca di gedung Fira Barcelona Montjuic pada Selasa (12/2). Tempat itu seharusnya menjadi lokasi diselenggarakannya Mobile World Congress 2020. Namun akibat wabah Corona, panitia memutuskan membatalkan acara tersebut.

Petugas membersihkan kaca di gedung Fira Barcelona Montjuic pada Selasa (12/2). Tempat itu seharusnya menjadi lokasi diselenggarakannya Mobile World Congress 2020. Namun akibat wabah Corona, panitia memutuskan membatalkan acara tersebut.

Foto: Alberto Estevez/EPA
Gelaran tahunan Mobile World Congress (MWC) tahun ini batal digelar karena Corona

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Asosiasi GSM (GSMA) akhirnya membatalkan acara Mobile World Congress (MWC) 2020. Hal ini dilatarbelakangi kekhawatiran global terkait wabah Corona, masalah perjalanan, dan keadaan lainnya. MWC 2020 dijadwalkan berlangsung di Barcelona pada 24-27 Februari 2020.

“Dengan memperhatikan lingkungan yang aman dan sehat di Barcelona dan negara tuan rumah saat ini, GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020 karena kekhawatiran global terkait wabah virus Corona, masalah perjalanan, dan keadaan lainnya. Ini membuat GSMA tidak mungkin mengadakan acara tersebut,” ujar CEO GSMA John Hoffman dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir The Verge, Kamis (13/2).

“Pihak kota tuan rumah menghormati dan memahami keputusan ini. GSMA dan para pihak kota tuan rumah akan terus bekerja serempak dan mendukung satu sama lain untuk MWC Barcelona 2021 edisi mendatang. Kami bersimpati terhadap mereka yang terkena dampak (virus Corona) di China dan di seluruh dunia,” katanya lagi.

Infeksi virus Corona telah melampaui 42 ribu kasus dengan jumlah total kematian lebih dari 1.000 orang. Sebagian besar infeksi dan kematian telah dilaporkan di Wuhan dan provinsi Hubei. Ada 27 negara selain China yang kini telah melaporkan kasus.

Sebelumnya, GSMA telah mencoba untuk menghilangkan ketakutan dengan peningkatan tindakan disinfeksi di lokasi. Panitia juga merekomendasikan para hadirin tidak berjabat tangan dan bahkan melarang pengunjung yang bepergian dari China, tempat virus Corona pertama kali ditemukan.

GSMA adalah badan perdagangan industri yang mewakili lebih dari 1.200 perusahaan di seluruh ekosistem seluler. MWC adalah kesempatan bagi ribuan orang untuk berkumpul membahas kemitraan, kesepakatan, dan peluncuran produk.

MWC biasanya diadakan setiap tahun di Barcelona. Acara tersebut memiliki dampak ekonomi sebesar 492 juta Euro atau sekitar Rp 7,3 miliar Euro dan menghasilkan 14.100 pekerjaan paruh waktu.

MWC 2020 diatur untuk menghadirkan pembuat ponsel besar di China, dengan semua jenama gawai pintar utama negara itu akan muncul di pameran. LG menarik diri dari MWC awal bulan ini dan ZTE membatalkan acara pers yang direncanakan karena virus Corona.

Salah satu peserta pameran terbesar di MWC yakni Ericsson juga mengundurkan diri dari pertunjukan. NVIDIA, Intel, Vivo, Sony, Amazon, dan NTT Docomo pun membatalkan kehadiran mereka. Cisco, Nokia, BT, dan HMD juga membatalkan penampilan mereka pekan ini.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA