Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Roket Gempur Pangkalan AS di Irak

Jumat 14 Feb 2020 07:52 WIB

Red: Nur Aini

Serangan roket, ilustrasi

Serangan roket, ilustrasi

Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Seranan roket ke pangkalan AS di Irak tidak menimbulkan korban.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Sebuah roket menggempur pangkalan AS di Irak utara tanpa menimbulkan korban. Hal itu diungkapkan pasukan keamanan Irak pada Kamis (13/2).

Baca Juga

Pangkalan K1 di dekat kota Kirkuk, menjadi lokasi tewasnya kontraktor AS pada Desember lalu dalam serangan serupa, di mana Washington menuding milisi dukungan Iran atas serangan tersebut. Wartawan Reuters menyebutkan pesawat tempur AS berpencar dan terbang tinggi tak lama setelah serangan pada Kamis. Tak ada pihak yang bertanggung jawab atas serangan roket tersebut.

Serangan Desember disusul oleh balasan ofensif AS yang menewaskan sekitar puluhan milisi. Setelah itu, ada serbuan massa terhadap Kedutaan Besar AS di Baghdad serta pembunuhan jenderal besar Iran Qassem Soleimani dalam serangan pesawat nirawak AS di Baghdad.

Serangkaian peristiwa itu membuat kawasan penuh dengan konflik. Pengikut Soleimani dan pemimpin paramiliter Irak Abu Mahdi al-Muhandis, yang terbunuh dalam serangan yang sama, pekan ini memperingati 40 hari sejak kematian pemimpin mereka dengan mengadakan upacara di Baghdad.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA