Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thailand Laporkan Satu Lagi Kasus Corona

Senin 17 Feb 2020 15:27 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Thailand telah mencatat satu kasus baru virus Corona (Ilustrasi)

Thailand telah mencatat satu kasus baru virus Corona (Ilustrasi)

Foto: ist
Thailand telah mencatat satu kasus baru virus Corona

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Thailand telah mencatat satu kasus baru virus Corona. Thailand juga meningkatkan proses pemindaian pengunjung dari Singapura dan Jepang yang memasuki negara itu sebagai respons terhadap meluasnya wabah.

Kasus baru menjangkiti perempuan China berusia 60 tahun yang anggota keluarganya terlebih dahulu terinfeksi virus. Ini menjadikan jumlah total 35 kasus di Thailand sejak Januari. Demikian diungkapkan Sukhum Kanchanapimai, sekretaris tetap kementerian kesehatan pada konferensi pers Senin (17/2).

"Ini dari kasus lama keluarga China yang terdiri dari sembilan orang, semuanya sudah terinfeksi," kata dia.

Lima belas orang yang terinfeksi di Thailand telah pulih dan kembali ke rumah. Sedangkan 20 orang lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Sekitar 1.770 orang di China telah meninggal karena virus tersebut, bersama dengan beberapa di negara dan wilayah lain. Tetapi Thailand sejauh ini belum mencatat adanya korban jiwa.

Otoritas kesehatan Thailand mengatakan mereka akan memperluas pemindaian virus untuk melindungi para pelancong dari Jepang dan Singapura, selain mereka yang berasal dari China daratan, Hong Kong, dan Taiwan. Jepang dan Singapura memiliki dua dari jumlah kasus yang dilaporkan tertinggi di luar China.

Siapa pun dari kedua negara itu yang menunjukkan gejala virus Corona akan dikarantina di rumah sakit pemerintah. "Wisatawan dari Jepang dan Singapura yang terserang demam atau gejala pernapasan dalam 14 hari setelah memasuki negara itu akan diperlakukan seperti pelancong dari China," kata Sukhum.

Selain itu, Thailand tidak akan mengizinkan masuk warga negara asing yang menjadi penumpang kapal pesiar Westerdam, yang sekarang berlabuh di Kamboja. Keputusan ini dibuat setelah seorang perempuan Amerika dites positif terjangkit virus Corona di Malaysia selama akhir pekan.

Ada 21 warga negara Thailand di atas kapal tersebut. Otoritas kesehatan mengatakan mereka semua akan dikarantina selama 14 hari ketika mereka memasuki Thailand.

Baca Juga

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA