Selasa 18 Feb 2020 16:21 WIB

Menteri Kesehatan Prancis Peringatkan Pandemi Virus Corona

Virus corona China diprediksi bisa menjadi pandemi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Seorang perawat mengecek kondisi pasien yang terjangkit virus corona.
Foto: Chinatopix via AP
Seorang perawat mengecek kondisi pasien yang terjangkit virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Menteri Kesehatan Prancis yang baru Olivier Veran mengatakan ada 'risiko  kredibel' wabah virus corona China dapat menjadi pandemi. Pandemi terjadi ketika virus itu menyebar ke seluruh dunia.

"Ini adalah asumi kerja dan resiko yang kredibel," kata Veran kepada stasiun radio France Info Radio, Selasa (18/2).

Baca Juga

Ia mengatakan Prancis sudah siap mengatasi setiap kemungkinan. Menurutnya, sistem kesehatan Prancis cukup kuat dan lengkap.

Veran menambahkan empat orang pasien yang dinyatakan positif virus korona baru masih berada di rumah sakit. Pekan lalu ada seorang turis China lanjut usia yang meninggal dunia karena virus tersebut.

Laki-laki berusia 80 tahun itu menjadi pasien pertama virus corona yang meninggal dunia di Eropa. Jumlah total pasien yang meninggal dunia di China sudah mencapai 1.868 jiwa.  

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) pandemi adalah penyakit baru menyebar ke seluruh dunia. Pada Senin (17/2) lalu kepala program darurat WHO Dr Mike Ryan ditanya apakah wabah virus corona sudah menjadi pandemi.

"Isu sebenarnya adalah apakah kami melihat transmisi yang efisien di masyarakat di luar China dan saat ini kami tidak mengamati hal itu," kata Ryan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement