Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Universitas Michigan Selidiki Kasus Pelecehan Seksual

Jumat 21 Feb 2020 02:54 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nidia Zuraya

pelecehan seksual (ilustrasi)

pelecehan seksual (ilustrasi)

Lima mantan pasien dokter Universitas Michigan mengaku jadi korban pelecehan seksual

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lima orang mantan pasien dokter di Universitas Michigan mengaku telah menjadi korban pelecehan seksual. Seorang korban bahkan menuduh, tindakan pelecehan yang dilakukan Dr Robert E Anderson membuat dia menjadi predator seksual.

Seorang juru bicara mengungkap bahwa beberapa karyawan universitas telah mengetahui desas-desus pelecehan tersebut, bahkan sebelum kasus ini digulirkan ke polisi.

"Kami memahami dari penyelidikan polisi bahwa ada desas-desus terkait hal tersebut, dan ada indikasi kuat bahwa anggota staf U-M mengetahui tentang pemeriksaan medis Dr Anderson yang tidak pantas," kata juru bicara Rick Fitzgerald, dilansir AP, Kamis (20/2).

Robert Julian Stone mengatakan kepada AP bahwa Anderson menyerangnya saat membuat janji temu medis di pusat kesehatan universitas pada tahun 1971. Stone mengatakan bahwa dia memberi tahu pejabat universitas musim panas lalu, yang diilhami oleh gerakan #MeToo –gerakan untuk melawan perilaku seksual yang tidak senonoh.

Stone pertama kali diwawancarai oleh The Detroit News, dan mulai melaporkan dugaan sebelum universitas mengumumkan penyelidikan. Stone, yang berusia 69 tahun, mengatakan bahwa dia menghubungi surat kabar itu karena dia merasa "diblokade" oleh universitas ketika dia mencari dokumentasi tentang penyelidikan tahun ini.

"Akhirnya, universitas telah memahami bahwa ini adalah sesuatu yang perlu ditangani secara publik," kata Stone Rabu, berbicara beberapa jam setelah universitas di Ann Arbor merilis pernyataan bahwa penyelidikan independen telah dibentuk untuk menyelidiki tuduhan terhadap Anderson.

Anderson adalah mantan direktur Layanan Kesehatan Universitas adalah dokter tim untuk berbagai olahraga di Michigan dari tahun 1966 hingga pensiun pada tahun 2003. Dia adalah dokter tim sepak bola selama tiga dekade lebih, bekerja dengan pelatih seperti Bo Shembechler dan Lloyd Carr. Asosiasi Pelatih Atletik Nasional memberikan Anderson the President's Challenge Award pada tahun 1988.

Anderson berasal dari L'Anse, Michigan. Dia meninggal pada tahun 2008. Kampus mengatakan telah menyiapkan hotline bagi orang yang memiliki informasi untuk maju.

Pengungkapan itu menggemakan tuduhan pelecehan seksual profil tinggi terhadap dokter olahraga di universitas Amerika Utara lainnya. Ratusan wanita muda dan gadis-gadis mengatakan mereka dianiaya oleh mantan dokter olahraga Michigan State University Larry Nassar, yang dijatuhi hukuman pada Januari 2018 hingga 175 tahun penjara dalam penyalahgunaan.

Baca Juga

Sekitar 350 pria telah menuntut Ohio State University atas dugaan pelecehan mereka oleh mendiang Dr Richard Strauss di universitas itu beberapa dekade lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA