Jumat 21 Feb 2020 17:12 WIB

Meksiko Ekstradisi Anak Gembong Narkoba ke AS

Ruben Oseguera, anak gembong narkoba El Mencho dikirim ke Washington, AS.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Polisi Federal Meksiko antinarkoba siap berpatroli di jalan-jalan (Ilustrasi)
Foto: REALTRUTH.ORG
Polisi Federal Meksiko antinarkoba siap berpatroli di jalan-jalan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Meksiko mengekstradisi putra salah satu gembong narkoba papan atas ke Amerika Serikat (AS). Itu merupakan upaya terbaru dari komitmen Meksiko untuk meningkatkan ekstradisi setelah Presiden AS Donald Trump menyebut kartel Meksiko sebagai kelompok teroris.

Ruben Oseguera yang ditangkap pada 2015 diyakini sebagai tokoh penting dalam geng ayahnya, yakni Jalisco New Generation Cartel. Sementara itu, ayahnya, Nemesio 'El Mencho' Oseguera hingga kini masih buron.

Baca Juga

"Dia (Ruben Oseguera) diekstradisi dari negara bagian Sonora ke Washington," ujar seorang sumber yang berbicara dengan syarat anonim kepada Reuters.

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador telah dikritik karena strategi keamanannya. Dia dinilai tidak becus dalam menangkap gembong narkoba papan atas di Meksiko.

Pada Oktober, Meksiko melepaskan Ovidio Guzman yakni putra dari Joaquin "El Chapo" Guzman setelah baku tembak dengan gerombolan geng narkoba. Baku tembak tersebut terjadi di jalan-jalan di kota Culiacan yang merupakan kota besar di Meksiko. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement