Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Georgia Laporkan Kasus Virus Corona Pertama

Kamis 27 Feb 2020 07:41 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona, ilustrasi

Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona, ilustrasi

Foto: Xiao Yijiu/Xinhua via AP
Kasus virus corona pertama di Georgia berasal dari warga yang bepergian ke Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, TBILISI -- Georgia laporkan kasus pertama virus korona di negeri itu. Menteri Kesehatan Georgi Ekaterine Tikaradze mengatakan pasien terinfeksi adalah warga Georgia yang bepergian ke Iran dengan menyeberang lewat Azerbaijan.  

Baca Juga

"Dari pos perbatasan ia segera dibawa ke rumah sakit," kata Tikaradz, Kamis (27/2).

Tikaradze mengatakan orang yang terinfeksi menyeberang dari perbatasan Georgia dengan Azerbaijan menggunakan mini-bus. Mobil itu berisi 13 orang.

Tikaradze mengatakan semua penumpang sudah diperiksa oleh petugas perbatasan dan dibawa ke rumah sakit. "Kasus positif virus corona hanya ada satu," katanya.

Ia mengatakan penumpang-penumpang lainnya dinyatakan negatif tapi tetap berada di karantina. Perdana Menteri Georgia Giorgi Gakharia sudah membentuk kelompok koordinasi.

Badan pers kantor perdana menteri mengatakan tugas kelompok tersebut mencegah penyebaran wabah di negara Georgia. Kelompok itu memutuskan untuk menghentikan sementara akses antara Georgia dan Iran selama dua pekan.

Sejak 29 Januari lalu, Georgia sudah menghentikan sementara penerbangan langsung dari dan ke China selama dua bulan. Pada 23 Februari, negara berpopulasi 3,9 juta jiwa itu mengambil keputusan yang sama untuk Iran.  

Pemerintah Georgia sudah mengimbau warga mereka untuk tidak bepergian ke dua negara itu. Virus corona yang berawal dari China sudah menginfeksi 80 ribu orang dan menewaskan lebih dari 2.700 jiwa. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA