Kamis 27 Feb 2020 07:41 WIB

Georgia Laporkan Kasus Virus Corona Pertama

Kasus virus corona pertama di Georgia berasal dari warga yang bepergian ke Iran.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona, ilustrasi
Foto: Xiao Yijiu/Xinhua via AP
Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TBILISI -- Georgia laporkan kasus pertama virus korona di negeri itu. Menteri Kesehatan Georgi Ekaterine Tikaradze mengatakan pasien terinfeksi adalah warga Georgia yang bepergian ke Iran dengan menyeberang lewat Azerbaijan.  

"Dari pos perbatasan ia segera dibawa ke rumah sakit," kata Tikaradz, Kamis (27/2).

Baca Juga

Tikaradze mengatakan orang yang terinfeksi menyeberang dari perbatasan Georgia dengan Azerbaijan menggunakan mini-bus. Mobil itu berisi 13 orang.

Tikaradze mengatakan semua penumpang sudah diperiksa oleh petugas perbatasan dan dibawa ke rumah sakit. "Kasus positif virus corona hanya ada satu," katanya.

Ia mengatakan penumpang-penumpang lainnya dinyatakan negatif tapi tetap berada di karantina. Perdana Menteri Georgia Giorgi Gakharia sudah membentuk kelompok koordinasi.

Badan pers kantor perdana menteri mengatakan tugas kelompok tersebut mencegah penyebaran wabah di negara Georgia. Kelompok itu memutuskan untuk menghentikan sementara akses antara Georgia dan Iran selama dua pekan.

Sejak 29 Januari lalu, Georgia sudah menghentikan sementara penerbangan langsung dari dan ke China selama dua bulan. Pada 23 Februari, negara berpopulasi 3,9 juta jiwa itu mengambil keputusan yang sama untuk Iran.  

Pemerintah Georgia sudah mengimbau warga mereka untuk tidak bepergian ke dua negara itu. Virus corona yang berawal dari China sudah menginfeksi 80 ribu orang dan menewaskan lebih dari 2.700 jiwa. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement