Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Nigeria Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona

Jumat 28 Feb 2020 10:59 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolanda

igeria telah mengkonfirmasi kasus pertama virus corona pada Jumat (28/2). Ini merupakan kasus pertama di sub-sahara Afrika, karena infeksi menyebar dengan cepat di seluruh dunia.

igeria telah mengkonfirmasi kasus pertama virus corona pada Jumat (28/2). Ini merupakan kasus pertama di sub-sahara Afrika, karena infeksi menyebar dengan cepat di seluruh dunia.

Foto: Republika
Kasus corona di Nigeria yang dikonfirmasi berada di negara bagian Lagos.

REPUBLIKA.CO.ID, LAGOS -- Nigeria telah mengkonfirmasi kasus pertama virus corona pada Jumat (28/2). Ini merupakan kasus pertama di sub-sahara Afrika, karena infeksi menyebar dengan cepat di seluruh dunia.

Baca Juga

Kementerian Kesehatan mengatakan kasus yang dikonfirmasi berada di negara bagian Lagos, rumah bagi ibu kota komersial barat daya dengan nama yang sama. Lagos adalah kota terbesar di negara terpadat di Afrika, dengan populasi sekitar 20 juta.

"Kasus ini adalah kasus pertama yang dilaporkan di Nigeria sejak awal wabah di China pada Januari," kata kementerian kesehatan dalam postingan di Twitter. 

Kementerian menambahkan bahwa infeksi dikonfirmasi pada hari Kamis.

Harapan bahwa virus itu akan tertahan di China lenyap pada hari Jumat ketika infeksi menyebar. Saat ini negara-negara mulai menimbun peralatan medis dan investor memperkirakan adanya resesi global.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan negara-negara Afrika agar bersiap untuk menghadapi wabah virus corona tipe baru, Covid-19. Kasus virus Covid-19 di Afrika pertama kali dilaporkan pada awal bulan ini di Mesir.

Kementerian Kesehatan Aljazair juga melaporkan kasus positif corona pertama dari seorang pria Italia yang tiba di Aljazair pada 17 Februari. Aljazair merupakan salah satu dari 47 negara di kawasan Afrika yang diawasi oleh WHO.

"Ini adalah kasus pertama di wilayah Afrika. Kita harus meningkatkan kesiagaan untuk menghadapai virus corona," ujar Direktur Regional WHO Afrika, Matshidiso Moeti, dilansir Anadolu Agency, Rabu (26/2).

Aljazair adalah salah satu dari 13 negara yang menjadi prioritas utama WHO untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Hal ini disebabkan karena volume warga Aljazair yang melakukan perjalanan ke China cukup tinggi. WHO akan mengirimkan tim ahli ke Aljazair untuk mendukung otoritas kesehatan setempat.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA