Sabtu 29 Feb 2020 17:13 WIB

Besok, Muhyiddin Yassin akan Dilantik Sebagai PM Malaysia

Raja berpendapat pelantikan Muhyiddin sebagai PM Malaysia tak boleh ditunda.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Tun Muhyiddin Yassin akan dilantik perdana menteri Malaysia pada Ahad (1/3).
Foto: EPA-EFE/Ahmad Yusni
Tun Muhyiddin Yassin akan dilantik perdana menteri Malaysia pada Ahad (1/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istana Negara menyebut pelantikan Tan Sri Muhyiddin Bin Md Yassin sebagai perdana menteri Malaysia harus disegerakan. Keputusan Istana diambil setelah bertemu dua kubu politik yang berkonflik soal sosok pengganti Perdana Menteri interim Mahathir Mohamed.

"Setelah menerima perwakilan dari semua pemimpin partai dan anggota parlemen independen, menurut pendapat Yang Mulia, anggota parlemen Pagoh Tan Sri Muhyiddin Bin Md Yassin kemungkinan memiliki kepercayaan anggota parlemen," kata pengawas keuangan kerajaan Ahmad Fadli Shamsuddin dalam sebuah pernyataan pada Sabtu sore, dikutip laman Straits Times.

Baca Juga

Muhyiddin disebut akan dilantik pada Ahad (1/3) pukul 10:30 di Istana Negara. "Raja memutuskan bahwa proses penunjukkan perdana menteri tidak boleh ditunda karena negara membutuhkan pemerintahan untuk kemakmuran rakyat dan negara yang kita cintai," kata Ahmad.

Dia mengungkapkan, Raja Malaysia memutuskan bahwa ini merupakan hasil terbaik untuk semua. "Yang Mulia berharap krisis politik ini akan berakhir,"  ujarnya.

Muhyiddin sebenarnya berada di partai yang sama dengan Mahathir, yakni Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM). Namun, dia telah bergandengan tangan dengan United Malays National Organisation (UMNO) dan Malaysian Islamic Party untuk memperoleh dukungan sebagai perdana menteri.

Pada pemilu Malaysia dua tahun lalu, UMNO tergabung dalam koalisi Barisan Nasional. Mereka mengusung petahana Najib Razak sebagai perdana menteri. Keputusan Muhyiddin bermitra dengan UMNO telah dikritik Mahathir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement