Rabu 04 Mar 2020 10:41 WIB

Obama Disebut Bantu Joe Biden dalam Pencalonan Presiden

Joe Biden telah memenangkan primary di South Carolina

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Obama Disebut Bantu Joe Biden dalam Pencalonan Presiden. Ilustrasi.
Foto: AP
Obama Disebut Bantu Joe Biden dalam Pencalonan Presiden. Ilustrasi.

WASHINGTON - Joe Biden telah memenangkan primary di South Carolina. Setelah itu, banyak kandidat yang mundur dari kompetisi calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat mulai merapatkan barisan. Mereka mulai mendukung mantan wakil presiden tersebut.

Upaya politisi moderat yang menghalangi Bernie Sanders maju mewakili partai tersebut tampaknya didalangi mantan presiden Barack Obama. Pada Selasa (3/3) NBC News melaporkan orang dekat Obama mengatakan bahwa ia berbicara dengan Biden setelah primary di South Carolina.

Baca Juga

Obama juga dikabarkan berbicara dengan Pete Buttigieg yang mundur dari kompetisi ini. NBC News melaporkan beberapa orang dekat Buttigieg mengatakan mantan wali kota South Bend itu akan datang ke Dallas untuk mendukung Biden.

Orang-orang dekat Obama mengatakan, mantan presiden itu tetap mengawasi dengan saksama kompetisi Partai Demokrat. Mereka mengatakan, dalam 36 jam terakhir Obama telah mengirim sinyal Biden sebagia kandidat yang ia dukung tanpa harus menyatakannya kepada publik atau pribadi. 

"Dia tidak akan terlibat mendukung siapa pun dalam pencalonan ini. Namun, saya pikir ia akan memastikan itu, Anda tahu, pada akhirnya partai bersatu, dan seperti yang akan saya lakukan, apakah saya menang atau tidak," kata Biden.

Salah satu staf Partai Demokrat mengatakan, Michael Bloomberg mendapat "tekanan yang keras" dari sayap moderat Partai Demokrat. Mereka ingin miliuner itu mundur dari Super Tuesday, saat 14 negara bagian menggelar primary dalam hari yang sama.

Anggota Partai Demokrat lainnya mengatakan, pendonor partai sedang menunggu harus berpihak pada Biden atau Bloomberg. Mereka mencari alternatif selain Sanders yang mengeklaim dirinya sebagai sosialis-demokratis.

Bloomberg melewatkan primary di empat negara bagian. Namun, ia menggunakan kekayaannya untuk iklan dan operasi akar rumput demi memperkuat posisinya sebagai kandidat unggulan.

Dalam beberapa hari terakhir terjadi perubahan drastis dalam kompetisi pencalonan presiden Partai Demokrat. Setelah memenangkan South Carolina, Biden mendapat dukungan dari Amy Klobuchar dan Buttigieg.

Sebelumnya, Beto O'Rourke, kandidat yang mundur tahun lalu, secara terbuka menyatakan mendukung Biden. Sanders berusaha menarik kandidat-kandidat yang mundur ke pihaknya.

"Untuk jutaan pendukung Amy dan Pete, pintu terbuka, mari masuk, bersama-sama kami berbagi pemahaman. Kami akan mengalahkan Donald Trump," kata Sanders.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement