Kamis 12 Mar 2020 11:42 WIB

Tiga Negara Amerika Latin Tutup Sekolah untuk Cegah Corona

Salvador, Peru, dan Panama menutup semua sekolah untuk mencegah corona menyebar.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Virus corona (ilustrasi).(www.freepik.com)
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).(www.freepik.com)

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SALVADOR -- Setidaknya tiga pemerintah di Amerika Latin memerintahkan untuk meliburkan seluruh sekolah, sebagai upaya untuk mencegah wabah virus corona. Presiden Salvador Nayib Bukele memerintahkan semua sekolah untuk tutup selama tiga minggu ke depan.

Dalam sebuah pidato di televisi, Bukele juga melarang acara-acara dengan kerumuman massa yang besar. "Yang paling penting saat ini adalah kesehatan setiap warga Salvador," ujarnya.
 
Penutupan sekolah Salvador terjadi tak lama setelah pejabat di Peru dan Panama mengambil tindakan serupa. Menteri Pendidikan Panama, Maruja Gorday mengatakan bahwa negara itu akan menutup seluruh sekolah negeri maupun swasta hingga 7 April. Gorday menambahkan, meski sekolah ditutup para siswa tetap dapat melanjutkan kegiatan belajar mereka di rumah. 
 
Sebelumnya Presiden Peru Martin Vizcarra mengatakan, semua sekolah akan ditutup setidaknya sampai 30 Maret. Pemerintah Peru sejauh ini telah mengkonfirmasi 15 kasus virus corona.
 
Menteri Kesehatan Panama, Rosario Turner awal pekan ini mengumumkan kematian pertama akibat virus korona di negara Amerika Tengah. Hingga saat ini, ada 10 kasus yang telah dikonfirmasi. 
 
Sementara itu pemerintah Kosta Rika juga telah mengkonfirmasi 22 kasus virus corona. Jumlah tersebut naik hampir dua kali lipat dari sebelumnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement