Selasa 17 Mar 2020 06:55 WIB

Menteri Perdagangan Brasil Positif Virus Corona

Mendag Brasil merupakan bagian dari delegasi Brasil yang baru-baru ini mengunjungi AS

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Waspada Virus Corona(Republika)
Foto: Republika
Waspada Virus Corona(Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Menteri Perdagangan Luar Negeri Brasil Marcos Troyjo melakukan tes dan hasilnya menunjukan positif virus corona baru atau Covid-19. Dia tertular setelah melakukan kunjungan ke Amerika Serikat (AS).

Kantor Kementerian Perdagangan pada Senin (16/3) menyatakan Troyjo merupakan bagian dari delegasi Brasil yang baru-baru ini mengunjungi Florida. Dia mewakili Menteri Ekonomi Brasil dalam pertemuan dengan Miami.

Baca Juga

Meski berangkat bersama delegasi Brasil, dia tidak menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Presiden AS Donald Trump sembilan hari yang lalu. Jamuan itu dilakukan untuk menyambut kehadiran para pemimpin pemerintah Brasil.

Setelah pulang, dia mendapatkan tes virus corona dan hasilnya positif. Meski begitu, Kantor Kementerian menyatakan dia tidak menunjukan gejala, sehingga dia dapat bekerja ketika melakukan karantina pribadi dari rumahnya.

Sebelumnya, keberadaan delegasi Brasil ini di Florida membuat Trump mendapatkan tekanan. Sebab, salah satu perwakilan delegasi Fabio Wajngarten, ajudan pers Presiden Brasil Jair Bolsonaro, positif virus corona setelah pulang dari sana.

Wajngarten tertangkap kamera sedang berpose bersama Trump dan beberapa petinggi lainnya. Hal ini mendorong publik meminta Trump untuk melakukan tes virus corona yang awalnya dia tolak. Namun, akhirnya dia memutuskan melakukannya dan menghasilkan negatif.

Dikutip dari Worldometers Brasil telah melaporkan 234 kasus infeksi virus korona dan belum melaporkan kematian satu pun karena penyebaran wabah tersebut. Sedangkan jumlah infeksi global mencapai 182,401 dengan total meninggal dunia 7,144, Selasa (17/3).

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement