Kamis 19 Mar 2020 15:57 WIB

China Sumbang Bangladesh Stok Medis dan Alat Uji Corona

Bangladesh telah melaporkan kematian pertama akibat virus corona.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Peralatan medis di Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan, Hubei, China.
Foto: Chinatopix via AP Photo
Peralatan medis di Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan, Hubei, China.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Pemerintah China akan menyumbangkan pasokan medis dan alat uji tes virus corona Covid-19 untuk Bangladesh. Beijing berharap hal itu dapat membantu Bangladesh menangani serta mengatasi wabah.

"Kedutaan Besar China telah menginformasikan kementerian terkait di pemerintahan Bangladesh bahwa China telah memutuskan menyumbangkan pasokan medis anti-epidemi darurat, termasuk sejumlah besar alat tes (Covid-19)," kata Kedutaan Besar China untuk Bangladesh dalam pernyataan yang dirilis Rabu (18/3), dilaporkan Xinhua.

Baca Juga

Pada Rabu lalu, Bangladesh melaporkan kematian pertama akibat Covid-19 di negaranya. Kepala Institute of Epidemiology, Disease Control, and Research (IEDCR) di Kementerian Kesehatan Bangladesh Meerjady Sabrina Flora mengungkapkan korban meninggal adalah warga Dhaka berusia 70-an tahun.

Warga tersebut sempat menjalani perawatan. Menurut Flora, pasien yang meninggal itu terinfeksi Covid-19 dari seseorang yang baru saja kembali dari luar negeri. Saat ini Bangladesh masih menangani 14 kasus virus korona.

Saat ini China sedang berupaya membantu negara-negara yang sedang menghadapi wabah Covid-19. Ia telah mengutus tim medis untuk membantu Italia, negara Eropa yang paling parah terdampak wabah.

Sebelum Bangladesh, China telah menyumbangkan 2.000 alat tes cepat Covid-19 untuk Filipina. "Perangkat (uji) tidak hanya telah banyak digunakan dalam pertempuran China melawan epidemi dan terbukti cukup efektif, tapi juga telah diekspor ke lebih dari 50 negara, termasuk Jepang, Thailand, Brunei, Mesir, Peru, dan Uni Emirat Arab (UEA)," kata Kedutaan Besar China untuk Filipina dalam sebuah pernyataan pada Senin (16/3). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement