Selasa 14 Apr 2020 13:17 WIB

Joe Biden Akui Butuhkan Dukungan Bernie Sanders

Calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakui butuh dukungan Bernie Sanders

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakui butuh dukungan Bernie Sanders. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakui butuh dukungan Bernie Sanders. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakui membutuhkan dukungan mantan lawan politiknya Senator Bernie Sanders. Sanders yang mewakili sayap progresif Partai Demokrat menyampaikan dukungan terhadap Biden dalam sebuah event virtual.

"Saya sangat membutuhkan Anda, tidak hanya memenangkan kampanye tapi juga mengelola pemerintahan," kata Biden dalam event virtual tersebut, Selasa, (14/4).

Baca Juga

Biden yang lebih moderat dibanding Sanders memiliki beberapa perbedaan pandangan dengan mantan lawan politiknya tersebut. Salah satunya dalam isu jaminan kesehatan universal yang diajukan Sanders.

Namun Biden sudah merengkuh beberapa rencana kebijakan progresif yang diajukan Sanders dan mantan kandidat calon presiden lainnya, Elizabeth Warren. Di hari Sanders mundur dari kampanye pemilihan presiden, Biden menurunkan syarat penerima jaminan kesehatan nasional dari 65 menjadi 60.

Ia juga berjanji untuk membatalkan utang mahasiswa kepada universitas bagi kelas menengah dan menengah-bawah. Sebelumnya Biden juga mendukung rencana reformasi kebangkrutan yang ditawarkan Warren dalam kampanye.

Pada pemilihan presiden 2016 lalu, Sanders puluhan kali berkampanye untuk Hillary Clinton. Hubungan baik Biden dan Sanders selama puluhan tahun tampaknya membuat hal itu semakin mudah dilakukan.

Beberapa tokoh progresif Partai Demokrat menanggapi positif dukungan Sanders kepada Biden tapi tetap menjaga sikap mereka terhadap Biden. "Dukungan ini menunjukkan semua orang ingin mengalahkan Trump," kata pendiri Komite Perubahan Progresif Adam Green yang sebelumnya mendukung pihak Warren.

Ia mengatakan sayap progresif mendapatkan energi yang semakin besar. Gagasan progresif dan pemimpin-pemimpin progresif seperti Elizabeth Warren, Bernie Sanders, dan organisasi akar rumput memiliki posisi yang kuat dengan Biden.

Namun beberapa tokoh progresif lainnya tetap skeptis. Beberapa jam sebelum Sanders menyampaikan dukungannya kepada Biden, anggota House of Representative Alexandria Ocasio-Cortez mengkritik upaya Biden mengambil alih gagasan jaminan kesehatan yang diajukan sayap progresif.

"Kami membutuhkan rencana nyata dan bukan sikap. Apa yang ingin saya lihat minimal rencana jaminan kesehatan yang memperluas bantuan kepada perawatan kesehatan anak muda," kata Ocasio-Cortez yang menjadi tokoh kunci kampanye Sanders. 

Sanders akan memengaruhi kampanye Biden dengan memberikan energi tambahan bila ia bisa membawa jutaan anak muda dan progresif pendukungnya untuk mendukung Biden. Anak muda yang menjadi kunci pemilih Partai Demokrat sudah lama memilih Sanders dibandingkan mantan wakil presiden tersebut.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement