Rabu 15 Apr 2020 17:27 WIB

16 Ribu APD Diproduksi per Hari Penuhi Kebutuhan Petugas

APD bisa diproduksi dengan bahan baku lokal dan bisa dalam jumlah banyak.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juri Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memastikan, kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis yang berjuang melawan Covid-19 bisa terpenuhi. Yurianto mengatakan, saat ini  APD bisa diproduksi dengan bahan baku lokal dan bisa dalam jumlah banyak.

"Kita mentargetkan bahwa produksi ini bisa dikejar sampai dengan 16.000 APD per hari, ini adalah upaya keras kita," ujar Yurianto saat konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (15/4).

Yurianto juga memastikan APD yang dibuat menggunakan bahan polyester 100 persen itu sesuai standar terbaik untuk memberi perlindungan maksimal bagi petugas medis. Karena itu, dia berharap, petugas medis yang terus berjuang melawan Covid-19 bisa bekerja dengan tenang dan aman.

Sebab, APD untuk petugas medis ini adalah barang yang wajib ada untuk melawan Covid-19. "Ini sudah bisa dilaksanakan berkat dukungan dari asosiasi pertekstilan Indonesia, yang sudah lolos tes pada uji di Balai Besar Tekstil Kemenperin dan diakui standarnya oleh badan kesehatan dunia," ujarnya.

"Sehingga diharapkan seluruh petugas kesehatan di seluruh pelosok tanah air bisa bekerja dengan tenang, bisa bekerja dengan rasa aman," kata Yurianto lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement