Senin 20 Apr 2020 10:10 WIB

Walt Disney Hentikan Bayar Gaji Ratusan Ribu Karyawan

Taman hiburan Walt Disney di seluruh dunia tutup sejak pandemi corona.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Walt Disney.
Foto: thewaltdisneycompany.com
Walt Disney.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lebih dari 100 ribu karyawan Walt Disney tidak akan menerima gaji, di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi virus corona. Menurut laporan Financial Times, Walt Disney menghentikan pembayaran gaji untuk hampir setengah dari pekerjanya sehingga dapat menghemat pengeluaran hingga 500 juta dolar AS.

Dilansir BBC, Walt Disney mengatakan akan memberikan tunjangan kesehatan penuh untuk karyawan yang cuti tidak berbayar. Selain itu, Disney juga mendesak kepada seluruh karyawannya di Amerika Serikat (AS) untuk mengajukan tunjangan pemerintah melalui paket stimulus virus corona. Jumlah warga AS yang mengajukan tunjangan pengangguran telah melonjak di atas enam juta sejak kebijakan lockdown secara nasional.

Baca Juga

Sektor perjalanan dan hiburan paling terdampak secara finansial akibat kebijakan lockdown. Bulan lalu, Kepala Eksekutif Walt Disney, Bob Iger mengatakan akan menyerahkan seluruh gajinya selama pandemi virus corona. Iger merupakan salah satu eksekutif dengan bayaran tertinggi di sektor hiburan. Dia mengantongi gaji sebesar 47,5 juta dolar AS.

Selama kebijakan lockdown, taman hiburan Walt Disney di seluruh negara telah ditutup. Iger mengatakan, apabila kebijakan lockdown telah ditarik maka Walt Disney akan menetapkan kebijakan pemeriksaan suhu tubuh bagi para pengunjung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement