Rabu 29 Apr 2020 19:17 WIB

Citra Satelit Beri Petunjuk Keberadaan Kim Jong-un

Citra satelit tunjukkan kapal mewah yang digunakan Kim Jong-un bergerak

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Foto tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) resmi menunjukkan Kim Jong-un (C), ketua Partai Pekerja Korea, ketua Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea
Foto: EPA
Foto tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) resmi menunjukkan Kim Jong-un (C), ketua Partai Pekerja Korea, ketua Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Para pakar yang mengawasi rezim Korea Utara (Korut) mengatakan citra satelit menunjukkan kapal mewah yang kerap digunakan Kim Jong-un dan bawahannya bergerak. Menurut pakar, Kim sempat berada di tempat liburannya di pinggir pantai Wonsan.

Dari 15 April muncul spekulasi tentang keberadaan dan kesehatan Kim Jong-un. Sebab ia tidak hadir dalam perayaan ulang tahun kakeknya dan pendiri Korut Kim Il Sung.

Baca Juga

Pada Selasa (28/4) kemarin situs yang mengawasi Korut, NK PRO, melaporkan gambar dari satelit komersial. Gambar satelit menunjukkan kapal yang sering digunakan Kim membuat pola pergerakan yang menunjukan ia atau anak buahnya berada di sekitar Wonsan. Laporan ini senada dengan laporan AS pekan lalu.

Pekan lalu proyek Amerika Serikat (AS) yang mengawasi Korut yakni 38 North melaporkan gambar satelit memperlihatkan kereta pribadi Kim terparkir di stasiun yang ia gunakan saat mengunjungi vilanya di Wonsan. Pejabat Korea Selatan (Korsel) dan AS mengatakan ada kemungkinan Kim berada di sana.

Kemungkinan besar Kim berusaha menghindari penularan virus corona. Laporan Korsel dan AS juga menunjukkan skeptisme terhadap laporan media yang menduga Kim sedang sakit keras.

Namun mereka juga memperingatkan kesehatan dan lokasi keberadaan Kim dijaga sangat ketat. Selain itu sangat sulit mendapatkan informasi yang dapat dipercaya dari Korut.

Terakhir kali media pemerintah Korut melaporkan keberadaan Kim ketika ia memimpin rapat pada 11 April. Tapi hampir setiap hari ada laporan ia mengirim surat dan pesan diplomatik.

Menurut pakar dan berdasarkan citra satelit kompleks, tempat peristirahatan Kim di pinggir pantai Wonsan dipenuhi oleh vila-vila tamu dan memiliki pantai pribadi. Kompleks itu juga dilengkapi lapangan basket serta stasiun kereta pribadi.

Tahun lalu untuk membangun jalur pacuan kuda sebuah landasan terbang di kompleks itu dihancurkan. Sementara di dekatnya berlabuh kapal yacht mewah Princess 95 yang pada tahun 2013 diperkirakan senilai 7 juta dolar AS.

"Ini salah satu rumah favoritnya," kata pakar Korut dari Stimson Center, Michael Madden, Rabu (29/4).

Madden membandingkan kompleks peristirahatan Kim di Wonsan dengan tempat peristirahatan Presiden AS Donald Trump di Florida yang bernama Mar-a-Lago. Madden mengatakan Kim diyakini memiliki 13 kompleks serupa di seluruh Korut. Tapi tampaknya hanya setengahnya yang rutin ia kunjungi. 

"Semuanya diatur sebagai kantor pusat pemimpin negara. Jadi semuanya dilengkapi perangkat yang membuatnya dapat menjalankan negara," tambah Madden.

Madden mengatakan Wonsan tidak hanya salah satu kompleks terbesar dan terbaik. Tapi lokasinya juga berguna bagi Kim untuk pergi ke wilayah-wilayah lain di pinggir pantai atau pulang dengan cepat ke Pyongyang dengan kereta pribadi atau jalan tol yang dibangun khusus untuk keluarga Kim atau pejabat tinggi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement