Kamis 30 Apr 2020 15:00 WIB
Islam

Buya Hamka: Giri Pusat Agama Islam yang Pertama di Jawa

Giri Pusat Agama yang Pertama Islam di Jawa

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Prof DR Buya Hamka, Ulama Penulis Tafsir Al Azhar*

Tidak berapa belas kilometer saja dari kota Surabaya, terdapatlah Bukit Giri. Disana indah benar pandangan ke laut, dan angin sepoi-sepoi lautan mengelus-elus muka kita setelah kita susah payah mendaki. Disanalah berkubur seorang diantara ”Wali Sanga”, Raden Paku, yang lebih masyhur dengan gelar Sunan Giri, putra dari Maulana Ishak, teman Maulana Malik Ibrahim, penyiar-penyiar Islam yang pertama di tanah Jawa.

Oleh karena ayahnya Kembali ke Pasai dan lama belum Kembali ke Jawa, Raden Paku diangkat sebagai anak oleh seorang perempuan kaya: Nyi Gede Maloka.

Setelah besar, dia pergi mempelajari agama Islam ke Ngampel, Bersama-sama dengan putra Raden Rahmat (Sunan Ngampel) bernama Makhdum Ibrahim, yang kemudian lebih terkenal dengan sebutan Sunan Bonang.

Di antara 9 wali penyiar Islam di tanah Jawa, kedua beliau inilah yang lebih dalam pengetahuannya tentang agama Islam. Setelah Sunan Ngampel melihat kedua anak muda ini ada harapan menjadi ulama, mereka disuruh berangkat ke luar Jawa, naik haji ke Makkah. Tetapi mereka singgah lebih dahulu di Pasai, Aceh, menuntut ilmu kepada ulama di sana. Dan di sana pula, Raden Paku berjumpa Kembali dengan ayahnya.

Grafsteen van Maulana Malik Ibrahim, een Javaanse moslim heilige, te Gresik (1419)

  • Keterangan: Batu Nisan Maulana Malik Ibrahim, seorang suci Muslim Jawa, di Gresik dengan angka tahun 1419.

 

Ilmu yang dipandang menjadi inti segala ilmu pada waktu itu, atau yang disebut “ilmu sejati” ialah ilmu Ketuhanan yang menurut ajaran lebih dikenal dengan tasawuf. Banyak ulama keturunan India dan Persia membuka pengajian di Pasai di waktu itu. Sehingga ulama-ulama di Malaka bila menemukan soal-soal yang sulit, bertanya juga ke Pasai.

Setelah kedua pemuda itu, Makhdum Ibrahim dan Raden Paku mendapat ijazah dari guru, mereka pun kembali ke tanah Jawa.  Diantara mereka berdua, Raden Paku yang berhasil mendapat ”ilmu ladunni”, artinya ilmu yang langsung diterima dari Tuhan, sehingga gurunya di Pasai memberinya nama yang tinggi, yaitu ”Ainul Yaqin”

Sebab itu, siasat mereka menyebarkan Islam pun berjalan menurut bakat masing-masing. Sunan Bonang memasukkan pengaruh Islam ke dalam kalangan bangsawan, ke Keraton Majapahit, dan membuat tempat berkumpul murid-muridnya di Demak. Sedang Syekh ”Ainul Yaqin” mengadakan tempat berkumpul di Giri, terdiri dari “orang kecil”. Jika Sunan Bonang menanamkan pengaruh ke dalam, maka Sunan Giri selalu mengirim utusan ke luar Jawa. Terdiri dari pelajar, saudagar dan nelayan. Dari Pulau Madura sampai Bawean dan Kangean, bahkan sampai ke Ternate dan Haruku.

Siasat Bonang memberi didikan Islam kepada Raden Patah, Putra Raja Majapahit dan terlebih dahulu menyediakan Demak (Bintoro) untuk menegakkan Negara Islam yang pertama, tampak berat kepada politis. Sementara siasat Sunan Giri mengajarkan agama Islam dan mengirimkan mubalig ke mana-mana adalah siasat mendekati masyarakat.

Sunan Bonang berhasil mendirikan Kerajaan Demak. Tetapi harapannya agar Demak menjadi pusat Islam selama-lamanya tidak berhasil. Setelah naik hanya tiga orang raja (Raden Patah, Dipati Unus dan Pangeran Terenggano), dirampas oleh Adiwijoyo Adipati Pajang (1546). Dan dari Pajang dirampas pula oleh Ki Gede Pamanahan dan dipindahkan ke Mataram, dan sampai disana banyak ajaran Islam yang dicampur aduk dengan ajaran Hindu dan Budha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement