Sabtu 09 May 2020 04:56 WIB

Pesawat Ruang Angkasa Baru China Kembali ke Bumi

Pesawat ruang angkasa berawak generasi baru China selesaikan misi.

Rep: Riyaz ul Khaliq/ Red: Elba Damhuri
4 Misi Luar Angkasa yang Diluncurkan 2020
Foto: republika
4 Misi Luar Angkasa yang Diluncurkan 2020

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Badan antariksa China mengumumkan pada Jumat versi uji coba pesawat ruang angkasa berawak generasi baru mereka telah menyelesaikan misi dan berhasilan kembali ke Bumi,

"Pada 8 Mei 2020 pukul 13.49 waktu setempat, modul pesawat uji ruang angkasa berawak generasi baru China berhasil mendarat di area yang telah ditentukan dari lokasi pendaratan Dongfeng," kata Badan Antariksa Berawak China dalam sebuah pernyataan.

Menjelang pendaratan, Pusat Kontrol Penerbangan Luar Angkasa Beijing mengendalikan kapal uji untuk menyelesaikan pengereman balik dan memasuki orbit kembali.

“Regu pencarian dan penyelamatan menemukan target pada saat pertama dan tiba di lokasi pendaratan untuk dilepas. Setelah konfirmasi oleh lokasi, struktur kabin masih utuh,” tambah pernyataan itu.

Pesawat ruang angkasa uji coba itu diluncurkan ke orbit oleh roket pembawa canggih China Long March-5B pada Selasa dan berada di orbit selama dua hari dan 19 jam.

"Ini menyelesaikan sejumlah percobaan sains ruang angkasa dan tes teknis untuk memverifikasi masuknya kembali kecepatan tinggi dari pesawat ruang angkasa berawak generasi baru ke teknologi utama seperti pencegahan panas, kontrol, pemulihan payung kelompok dan penggunaan kembali sebagian," kata badan antariksa itu.

Pesawat ruang angkasa berawak itu merupakan pesawat transportasi pulang pergi kelas dunia yang memenuhi persyaratan operasi penjelajahan bulan berawak dan operasi stasiun ruang angkasa China.

"Karakteristik [dari pesawat ruang angkasa baru] dapat meningkatkan jumlah penumpang dan kapasitas transportasi kargo dari pesawat ruang angkasa berawak China," tambah pernyataan itu.

China berencana untuk meresmikan stasiun ruang angkasa modular besar tahun ini, yang akan ditempatkan di orbit Bumi yang rendah.

Ukurannya kira-kira seperlima dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dan lebih dekat proporsinya dengan stasiun ruang angkasa Mir Rusia yang dinonaktifkan.

 

Link: https://www.aa.com.tr/id/dunia/pesawat-ruang-angkasa-baru-china-berhasil-kembali-ke-bumi/1833848

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement