Kamis 14 May 2020 12:30 WIB

Di Mata CR7 Rivalitas dengan Messi Sangat Dibutuhkan

Rivalitas ini, kata Ronaldo, membuat ia dan Messi semakin baik.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Setidaknya dalam satu dekade terakhir, salah satu perdebatan paling panas yang muncul antara pencinta sepak bola adalah siapa pemain yang lebih baik antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Rivalitas antara keduanya makin tajam saat Ronaldo dan Messi sama-sama merumput di Liga Spanyol. Terlebih, keduanya memperkuat tim yang juga memiliki akar rivalitas yang begitu dalam.

Sementara Ronaldo memperkuat tim asal Ibukota Spanyol, Real Madrid, Messi membela tim asal Katalan, Barcelona. Tidak hanya soal persaingan dalam capaian personal, keduanya juga terlibat rivalitas dalam mengantarkan tim yang mereka bela ke singgasana juara, baik di kompetisi domestik, kontinental, ataupun internasional.

Dalam wawancara dengan RMC Sport, Ronaldo mengaku begitu menikmati rivalitas dan persaingan dengan bintang asal Argentina tersebut. Bahkan, pemain yang hengkang dari Real Madrid pada 2018 itu mengaku cukup kagum dengan berbagai capaian personal dan karier yang dimiliki oleh Messi hingga saat ini.

"Saya benar-benar mengagumi karier yang dia miliki hingga saat ini. Dia sempat mengatakan, dia mengalami kesulitan saat saya meninggalkan Liga Spanyol, karena dia begitu menghargai persaingan yang ada antara kami," kata Ronaldo, Kamis (14/5).

Pemain berusia 35 tahun itu pun menegaskan, dunia olahraga, tidak terkecuali di pentas sepak bola, memerlukan adanya persaingan yang sehat antara para pelaku-pelakunya. Ronaldo kemudian memberikan contoh sejumlah persaingan yang terjad di cabang olahraga lain, seperti di dunia basket dan dunia balap F1.

Ronaldo menyambut baik adanya persaingan yang sehat antara dirinya dengan pemain berjuluk La Pulga tersebut.

''Sangat bagus ada persaingan yang sehat di sepak bola, tidak terkecuali seperti di olahraga lain. Di bola basket, Michael Jordan memiliki rival. Sedangkan di Ayrton Senna dan Alain Prost merupakan rivalitas terbesar di kancah F1. Satu-satunya persamaan dari rivalitas-rivalitas tersebut adalah semua persaingan tersebut berjalan dengan sehat,'' tutur Ronaldo.

Persaingan sengit antara Ronaldo dan Messi tergambar begitu jelas dalam hal raihan trofi pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or. Keduanya begitu mendominasi penghargaan besutan France Football tersebut. Setidaknya sejak 2008, hanya satu edisi, tepatnya pada 2018, keduanya gagal menjadi yang terbaik di pentas Ballon d'Or.

Untuk raihan Ballon d'Or, Messi berada selangkah di depan dibanding Ronaldo, yaitu dengan raihan enam trofi berbanding lima trofi. Pemain berusia 32 tahun itu pun tercatat menjadi pemain pertama yang mampu mengoleksi enam trofi Ballon d'Or.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement