Rabu 03 Jun 2020 13:19 WIB

Kafe di AS Bagikan Makanan untuk Keluarga Membutuhkan

Sebuah kafe di Amerika Serikat membagikan paket makanan secara rutin bagi warga

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Sebuah kafe di Amerika Serikat membagikan paket makanan secara rutin bagi warga. Ilustrasi.
Foto: EPA
Sebuah kafe di Amerika Serikat membagikan paket makanan secara rutin bagi warga. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DALLAS -- Chef Chad Houser membuka restorannya di pusat kota Dallas lima tahun yang lalu. Restoran itu untuk membantu remaja yang baru keluar dari penjara anak-anak. Pandemi virus corona mengancam misi mulia Houser.

Namun tidak lama kemudian Houser tidak hanya menemukan cara agar para remaja tetap bekerja dan mendorong mereka menuju kesuksesan. Tapi juga kesempatan bagi remaja-remaja itu berbagi dengan orang lain.

Baca Juga

"Anak-anak membutuhkan kami sejak awal, tapi sekarang mereka semakin membutuhkan kami," kata Houser, Rabu (3/6).

Karena pandemi pada Maret lalu, kafe Momentum tutup selama satu pekan. Kini remaja yang biasanya memasak, mencuci piring, membersihkan meja, dan melayani pelanggan mulai mengemas kotak-kotak makanan untuk keluarga yang membutuhkan.

Houser berusaha keras untuk mengumpulkan dana agar ia tetap bisa membayar para remaja itu. Ia juga berusaha agar mereka tetap terlibat dalam program-program non-profit yang menawarkan berbagai bantuan mulai dari konseling hingga pendidikan.

Salah satu remaja, De'Monica Dean yang berusia 19 tahun, mengatakan memikirkan keluarga yang mendapatkan kotak makanan yang ia kemas memotivasinya setiap hari. Kotak itu berisi sup kaleng, sayur-sayuran segar, dan buah-buahan.

"Itu yang membangunkan saya setiap hari. Rasanya seperti, 'apakah kamu mau bangun hari ini? Oke ada keluarga yang harus makan, jadi mari ayo bangun'," kata Dean. 

Koordinator kurikulum kafe Sais Daniel membantu para remaja mengasah keterampilan mereka mulai dari kerja di restoran hingga keterampilan lain seperti menulis lamaran kerja. Mereka juga belajar nikmatnya membantu orang lain.   

"Terkadang mereka tersesat di kecilnya di dunia mereka, tapi bisa duduk dan mengemas kotak-kotak makanan. Mereka seperti 'Saya bisa melihat kesulitan orang lain dan saya memberkati mereka, saya dapat membantu mereka'," kata Daniel.

Kafe Momentum telah mengirimkan 1.550 kotak makanan ke keluarga yang membutuhkan di daerah sekitar. Sebagian besar kotak yang berisi empat makan untuk keluarga empat orang dibagikan di Distrik Sekolah Independen Richardson.

Wakil kepala distrik itu Tabitha Branum mengatakan kerja sama dengan kafe Momentum telah 'mengubah permainan' bagi masyarakat. Ia mengatakan lebih dari setengah siswa di distrik itu pantas mendapatkan kotak-kotak makanan tersebut.   

Ia mengatakan selama sekolah ditutup dengan menggunakan anggaran negara bagian distriknya dapat menyediakan sarapan dan makan siang selama Senin hingga Jumat. Tapi kafe Momentum membuat mereka juga bisa mencakupi kebutuhan selama akhir pekan.

Setelah Texas dibuka kembali Gubernur Greg Abbott mengizinkan restoran untuk melayani makan di tempat dengan syarat membatasi jumlah pengunjung. Tapi kini kafe Momentum tetap menyediakan kotak-kotak makanan bagi mereka yang membutuhkan.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement