Kamis 04 Jun 2020 11:59 WIB

Ilmuwan Temukan Parasit Tertua Ratusan Juta Tahun Lalu

Makhluk parasit mirip cacing tersebut menutupi fosil ratusan hewan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Cacing parasit . ilustrasi
Foto: Science News
Cacing parasit . ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, XI’AN-- Bukti keras tertua tentang parasitisme yang berasal dari 512 juta tahun lalu ditemukan. Makhluk mirip cacing tersebut menutupi fosil ratusan hewan.

Timothy Topper di Universitas Northwest di Xi’an Cina mengatakan pihaknya mendokumentasikan kasus parasitisme tertua dalam catatan fosil. Penemuan ini menunjukkan parasit pertama muncul selama perkembangan evolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga

Zhifei Zhang yang juga ada di Universitas Northwest, telah menghabiskan waktu bertahun-tahun menggali sebuah tambang di Provinsi Yunnan di Cina selatan. Batuan yang membantu melestarikan ekosistem dari periode Kambrium.

Kehidupan hewan kompleks pertama ada di era tersebut. Contohnya Arthropoda pertama, yang mencakup serangga dan Echinodermata, yang termasuk bintang laut.

Seperti yang dilansir dari New Scientist, Rabu (3/6), tim Zhang menemukan ratusan Brachiopoda yang memfosil, hewan dengan dua cangkang menyerupai kerang, yang disebut Neobolus wulongqingensis. Hewan lunak di dalam cangkang memiliki tentakel yang menghasilkan aliran air untuk menyedot partikel makanan.

Banyak Brachiopoda memiliki struktur berbentuk tabung yang melekat padanya. Kadang-kadang jumlahnya ada satu atau dua. Namun dalam kasus lain lebih dari selusin.

Hal tersebut adalah sisa-sisa fosil tabung keras yang pernah membungkus hewan. Hewan ini tidak dilindungi, tetapi mereka mungkin berbentuk seperti cacing. Jika makhluk seperti cacing itu adalah parasit, Brachiopoda yang menampung mereka seharusnya lebih sehat daripada mereka yang tidak memilikinya.

“Kami melakukan sejumlah pengukuran ukuran cangkang Brachiopoda. Mereka yang tidak memiliki tabung secara keseluruhan lebih besar,” kata anggota tim Lue Strotz.

Ini menunjukkan makhluk mirip cacing itu adalah parasit. Xiaoya Ma di Universitas Yunna di Kunming Cina yang sebelumnya telah menemukan bukti parasitisme Kambrium mengatakan hubungan hewan tersebut seperti hubungan inang-parasit. Dia mengatakan sejumlah besar hewan yang diteliti membuat inangnya sangat sehat.

“Kami juga menemukan orientasi tabung semuanya tampak konsisten. Deretan tabung preferensial sejalan dengan asupan makan brachiopoda ,” ujar Strotz.

Ini menunjukkan makhluk seperti cacing adalah kleptoparasite yang mencuri makanan Brachiopoda saat dihisap oleh tentakelnya. Strotz juga berpendapat mereka adalah parasite obligat, yang berarti mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa inang mereka, namun Ma mengatakan tidak ada cukup bukti.

“Kami tidak tahu organisme apa yang menghuni tabung ini,” kata Ma.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement