Selasa 09 Jun 2020 14:48 WIB

Penyakit Misterius di Nigeria Tewaskan Hampir 1.000 Orang

Sebagian yang meninggal diduga terkait dengan virus corona.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Virus
Foto: pixabay
Ilustrasi Virus

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Setidaknya sudah 979 orang termasuk petugas kesehatan dan pejabat tinggi di Negara Bagian Kano, Nigeria, meninggal dunia karena penyakit misterius. Menteri Kesehatan Nigeria Osagie Ehanire mengatakan, semua pasien meninggal setidaknya dalam hitungan lima pekan.

Seperti dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (9/6), Ehanire mengatakan, berdasarkan laporan terbaru rata-rata yang meninggal berusia di atas 65 tahun. Ia juga mengatakan, 50 hingga 60 persen kematian diduga disebabkan virus corona.

Baca Juga

Awalnya pemerintah mengeklaim "penyakit misterius" ini bukan Covid-19. Kematian disebabkan oleh penyakit mematikan lain seperti meningitis, hipertensi, diabetes, dan malaria.

Sejauh ini Nigeria sudah mengonfirmasi 12.801 kasus infeksi virus corona. Sebanyak 361 pasien di antaranya meninggal dunia. Negara Bagian Kano mencatat setidaknya 999 kematian.

Pandemi virus corona telah menewaskan 406 ribu orang lebih di seluruh dunia. Berdasarkan data yang dihimpun Johns Hopkins University, virus ini telah menginfeksi 7,11 juta orang di seluruh dunia. Sebanyak 3,29 orang di antaranya sudah pulih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement