Senin 06 Jul 2020 14:26 WIB

AAP Dorong Sekolah AS Lakukan Persiapan Buka Musim Gugur

Sekolah di AS diminta bersiap untuk kembali menerima siswa hadir secara fisik.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Shenendhowa High School., sebuah sekolah menengah atas di New York, Amerika Serikat (AS).
Foto: Timesunion
Shenendhowa High School., sebuah sekolah menengah atas di New York, Amerika Serikat (AS).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan serangkaian kebijakan pembukaan sekolah untuk diikuti oleh pengelola sekolah. Ikatan dokter anak Amerika Serikat ini menyerukan agar sekolah di seluruh negeri melakukan persiapan agar bisa kembali buka pada musim gugur, yakni bulan September-November.

Menurut AAP, semua pertimbangan harus memiliki tujuan agar siswa dapat kembali hadir secara fisik di sekolah, meskipun terjadi peningkatan kasus Covid-19 secara nasional di AS. AAP menjabarkan prinsip-prinsip utama kebijakan masuk kembali sekolah, antara lain fleksibel dan gesit dalam menanggapi informasi baru serta mengakomodasi siswa yang kurang beruntung.

Baca Juga

"Dengan mengingat prinsip-prinsip di atas, AAP sangat menganjurkan bahwa semua pertimbangan kebijakan untuk tahun ajaran yang akan datang harus dimulai dengan tujuan agar siswa hadir secara fisik di sekolah," tulis AAP dilansir Fox News, pekan lalu (30/6).

photo
New Normal di Sekolah - (Republika)

AAP mencatat bahwa anak-anak dan remaja lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan gejala. Mereka juga cenderung tidak merosot kondisinya menjadi parah ketika kena Covid-19.

"Kebijakan untuk mengurangi penyebaran COvid-19 di sekolah harus diimbangi dengan bahaya yang telah dikenali bagi anak-anak, remaja, keluarga, dan masyarakat dengan cara menjaga anak-anak di rumah," tulis AAP.

Pejabat di hampir setiap negara bagian AS memerintahkan sekolah ditutup selama sisa tahun ajaran dalam upaya untuk mengekang penyebaran virus corona. Pada bulan Mei, Presiden Trump mendesak pembukaan kembali sekolah-sekolah di seluruh AS karena sebagian besar tetap ditutup untuk membatasi penyebaran virus corona dan melindungi kesehatan siswa selama pandemi Covid-19.

Namun, banyak sekolah di negara ini belum mengumumkan rencana yang solid untuk tahun ajaran yang akan datang. Desakan AAP datang di tengah kebangkitan kasus virus corona di seluruh negeri, dengan Texas dan Florida mengeluarkan batasan baru.

"Covid-19 telah mengambil belokan yang sangat cepat dan sangat berbahaya di Texas hanya dalam beberapa pekan terakhir," kata Gubernur Greg Abbott, seorang Republikan, yang telah memungkinkan bisnis untuk memulai pembukaan kembali pada awal Mei, tetapi kemudian kembali menutup bar dan restoran di tengah lonjakan kasus.

Lebih banyak pantai Florida akan ditutup lagi untuk menghindari penyebaran lebih lanjut dari virus corona baru ketika para pejabat mencoba meredam pertemuan besar di tengah lonjakan kasus Covid-19. Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan interaksi di antara kaum muda mendorong lonjakan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement