Ahad 12 Jul 2020 20:05 WIB

Persib Buat Panduan Protokol Kesehatan Selama Latihan

Tes virus corona itu sebagai persiapan Persib untuk kembali menjalani latihan rutin.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung menyelesaikan tes swab PCR tahap kedua di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (10/7). Tes virus corona tersebut sebagai persiapan Persib untuk kembali menjalani latihan rutin.

Persib memang belum membuat jadwal latihan rutin. Namun dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani menyebut sudah membuat panduan protokol kesehatan saat latihan.

"Jadi sebetulnya saya sudah buat protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru sepak bola di tim Persib Bandung. Acuannya tetap ke PSSI pusat, PSSI Jabar, WHO dan Kemenkes," kata Raffi usai tes.

Raffi menyebut yang terpenting dari panduan protokol kesehatan adalah esensinya. Berbagai hal perlu dilakukan agar virus corona tidak menyebar dalam tim. "Makanya saya selalu memberikan pengarahan pada pelatih, pemain, dan ofisial agar mereka bisa mengetahui esensi protokol kesehatan yang kami lakukan sama-sama," katanya.

Protokol kesehatan memang perlu sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Menurut Raffi, yang terpenting dari protokol kesehatan adalah gaya hidup sehat.

"Karena yang terpenting adalah bagaimana caranya agar tidak tertular, jangan terkena droplets, kalau terkena ya cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak bicara. Jika kita ikuti protokol dengan baik, insya Allah kita menang lawan covid 19," kata Raffi menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement