Jumat 17 Jul 2020 14:22 WIB

Kasus Covid-19 di AS Naik 75 Ribu dalam Sehari

Infeksi Covid-19 meningkat di hampir semua negara bagian

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas medis bersiap melakukan pemeriksaan terhadap warga di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Infeksi Covid-19 meningkat di hampir semua negara bagian. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Matt York
Petugas medis bersiap melakukan pemeriksaan terhadap warga di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Infeksi Covid-19 meningkat di hampir semua negara bagian. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) melaporkan sedikitnya 75 ribu kasus Covid-19 baru pada Kamis, rekor kenaikan harian untuk ketujuh kalinya pada bulan ini, menurut penghitungan Reuters.

Kematian akibat Covid-19 di AS juga meningkat dan baru-baru ini mencapai level tertinggi sejak awal Juni, dipimpin oleh Arizona, Kalifornia, Florida dan Texas, menurut penghitungan.

Lebih dari setengah dari semua negara bagian - 30 dari 50 negara bagian - telah melaporkan rekor peningkatan satu hari dalam kasus-kasus bulan ini. Infeksi meningkat di hampir semua negara bagian, berdasarkan analisis Reuters dari kasus dua pekan terakhir yang dibandingkan dengan dua pekan sebelumnya.

Jika Florida adalah sebuah negara, itu akan menempati urutan keempat di dunia untuk kasus-kasus Covid-19 paling baru dalam sehari di belakang Amerika Serikat, Brasil, dan India, menurut analisis Reuters.

Orang-orang Amerika semakin terpecah pada berbagai isu seperti pembukaan kembali sekolah-sekolah dan bisnis-bisnis dan mengenakan masker di muka umum. Ada konsensus yang hampir universal di antara para pakar kesehatan bahwa memakai masker adalah salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penularan virus, yang telah menewaskan lebih dari 134 ribu orang Amerika.

Penghitungan saat ini dari 75.255 kasus melampaui rekor sebelumnya ditetapkan pada Jumat ketika kasus naik sebesar 69.070. Pada Juni, kasus naik rata-rata 28 ribu sehari. Di bulan Juli, infeksi naik rata-rata 57.625 sehari.

Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat, telah memperingatkan bahwa kasus dapat segera mencapai 100 ribu per hari jika orang Amerika tidak bersama-sama mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement