Ahad 19 Jul 2020 10:41 WIB

Kepala Adat Tertinggi Amazon Dilarikan ke Rumah Sakit

Kepala adat Raoni menjadi ikon perjuangan menghentikan deforestasi di hutan Amazon

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Kepala Adat Tertinggi Amazon Raoni Metuktire
Foto: Wikipedia
Kepala Adat Tertinggi Amazon Raoni Metuktire

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Kepala adat tertinggi Brasil, Raoni Metuktire dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan pada pencernaannya. Ikon suku Amazon yang berusia 90 tahun itu dirawat di sebuah rumah sakit di kota Sinop, negara bagian Mato Grosso.

Raoni awalnya menunjukkan gejala dehidrasi selama delapan hari. Awalnya, dia dibawa ke rumah sakit terdekat di sekitar lingkungan suku tempat tinggalnya. Namun, karena kondisinya cukup parah, Raoni dilarikan ke rumah sakit yang lebih besar.

Baca Juga

Raoni telah menjadi simbol perjuangan untuk menghentikan deforestasi di Amazon. Tahun lalu, Raoni meminta Kongres Brasil untuk memblokir kebijakan Presiden Jair Bolsonaro yang dinilai dapat menghancurkan hutan Amazon.

Bolsonaro telah mendapatkan kecaman global karena melonggarkan pembatasan untuk mengeksploitasi kekayaan hutan Amazon. Sebelumnya aktivis lingkungan telah memperingatkan bahwa 2020 dapat menjadi tahun yang paling merusak bagi hutan hujan Amazon, karena bencana kebakaran hutan hebat yang terjadi tahun lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement