Rabu 22 Jul 2020 13:31 WIB

Trump: Pandemi Covid-19 di AS akan Memburuk

Trump memperingatkan pandemi Covid-19 di negaranya mungkin akan memburuk

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperingatkan pandemi Covid-19 di negaranya mungkin akan memburuk. Ilustrasi.
Foto: AP/Patrick Semansky
Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperingatkan pandemi Covid-19 di negaranya mungkin akan memburuk. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan pandemi Covid-19 di negaranya mungkin akan memburuk sebelum menjadi lebih baik. Dia meminta seluruh warga AS tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sayangnya pandemi mungkin akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," kata Trump dalam pengarahan pers di Gedung Putih pada Selasa (21/7) dikutip laman BBC.

Baca Juga

Trump mengaku tak suka menyampaikan hal tersebut, tapi begitulah keadaannya. "Kami meminta semua orang bahwa ketika Anda tidak dapat (menerapkan) jarak sosial, pakai masker, peroleh masker. Apakah Anda suka atau tidak, mereka (masker) memiliki dampak, mereka akan memiliki efek dan kita membutuhkan semua yang bisa kita dapatkan," ujarnya.

Selain penggunaan masker, dia meminta warga AS tetap menerapkan jarak sosial dan mencuci tangan pada setiap kesempatan. "Kami memohon kaum muda Amerika untuk menghindari bar yang penuh sesak dan pertemuan dalam ruangan yang ramai lainnya," ucap Trump.

Pada pengarahan pers tersebut, Trump berulang kali mengatakan bahwa virus corona akan menghilang suatu hari. Hal itu telah kerap dia sampaikan pada beberapa kesempatan sebelumnya.

Saat ini AS merupakan negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia yakni melampaui 3,9 juta. Lebih dari 144 ribu warga di sana telah meninggal akibat infeksi virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement