Senin 27 Jul 2020 13:14 WIB

Pakistan Klaim Tembak Drone Milik India

Militer Pakistan mengklaim telah menembak jatuh drone milik India

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Militer Pakistan mengklaim telah menembak jatuh drone milik India. Ilustrasi.
Foto: Piston.my
Militer Pakistan mengklaim telah menembak jatuh drone milik India. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Militer Pakistan mengklaim telah menembak jatuh drone milik India yang menyusup ke wilayah udara sepanjang perbatasan Kashmir. Drone mata-mata itu menyusup 200 meter ke dalam wilayah Pakistan di sepangang Line of Contro (LoC).

"Ini adalah drone India ke-10 yang telah ditembak jatuh oleh pasukan Angkatan Darat Pakistan pada tahun ini," ujar pernyataan Pakistan dilansir Times Now News, Senin (27/7).

Baca Juga

Ketegangan antara Pakistan dan India kembali meningkat setelah pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi mencabut Pasal 370 Konstitusi India yang mengatur tentang status istimewa Jammu dan Kashmir pada 5 Agustus. Sejak saat itu, pemerintah India memberlakukan peningkatan keamanan dan memutus jaringan telekomunikasi serta internet. Akibatnya, ruang gerak warga yang tinggal di lembah Kashmir menjadi terbatas.

Pemerintah India telah mengembalikan jaringan internet di Kashmir namun dengan kecepatan terbatas. Selain itu, akses internet juga masih sangat dibatasi.

Sejak India merdeka dari Inggris pada 1947, Kashmir terpecah menjadi dua per tiga untuk India dan sisanya masuk Pakistan. Pemisahan ini menjadikan Kashmir sebagai wilayah yang paling dimiliterisasi dalam 70 tahun terakhir. India dan Pakistan telah berperang selama tiga kali yakni tahun 1948, 1965, dan 1971. Dua perang di antaranya dipicu oleh persoalan Kashmir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement