Kamis 30 Jul 2020 07:12 WIB

Anggota Kongres AS yang Menolak Masker Positif Covid-19

Penyebaran virus Covid-19 di anggota kongres AS dikhawatirkan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Masker (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Masker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Louie Gohmert yang menolak memakai masker selama pandemi virus corona mengatakan ia terinfeksi virus tersebut. Hal itu meningkatkan kekhawatiran penyebaran di antara anggota Kongres AS.

Juru bicara Departemen Kehakiman mengatakan Jaksa Agung William Bar yang bersaksi di hadapan komite yang Gohmer ikuti akan diperiksa Covid-19. Gohmer berasal dari Texas, negara bagian yang mengalami peningkatan kasus baru sejak pemerintah itu membuka kembali aktivitas ekonomi di sana.

Baca Juga

"Sekarang saya harus mengarantina diri sendiri, ini benar-benar ironik, karena bagi banyak orang masalah besar saya sering tidak memakai masker, tapi ini pada beberapa pekan ini saya memakai masker lebih sering dibandingkan empat bulan yang lalu," kata Gohmer pada stasiun televisi KETK-TV, seperti dilansir dari Aljazirah, Kamis (30/7).

Pakar kesehatan menegaskan masker sangat membantu mencegah penyebaran virus. Di AS, masker menjadi simbol perpecahan d AS. Sejumlah anggota Partai Republik termasuk Gohmert menolak mengenakan masker setelah Presiden AS Donald Trump tidak mau menggunakan masker di ruang publik.

Dalam sidang yang dihadiri Jaksa Agung William Bar, Ketua Komite House of Representative dari Partai Demokrat Alexandria Ocasio-Cortez memarahi sejumlah anggota Partai Republik termasuk petinggi partai Jim Jordan karena tidak memakai masker.

Gohmert mengatakan ia mengenakan masker selama proses tanya jawab. Di media sosial Twitter, Nadler mengucapkan selamat agar Gohmert 'dapat pulih sepenuhnya dan dengan cepat.'

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement