Kamis 06 Aug 2020 09:53 WIB

Facebook dan Twitter Hapus Unggahan Trump Soal Covid-19

Trump membagikan informasi yang salah soal Covid-19

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Presiden Amerika Serikat Donald Trump membagikan informasi yang salah soal Covid-19 di media sosial. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/Oliver Contreras
Presiden Amerika Serikat Donald Trump membagikan informasi yang salah soal Covid-19 di media sosial. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Facebook menghapus unggahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang dinilai melanggar aturan karena membagikan informasi yang salah tentang Covid-19. Unggahan itu berisi klip video dari wawancara dengan Fox & Friends di mana Trump mengklaim bahwa anak-anak "kebal" terhadap virus corona.

"Video ini menyertakan klaim palsu bahwa ada sekelompok orang kebal dari Covid-19, yang merupakan pelanggaran kebijakan kami seputar misinformasi Covid-19 yang berbahaya," kata juru bicara Facebook.

Baca Juga

Juru bicara Facebook mengatakan ini adalah pertama kalinya Facebook menghapus unggahan Presiden Trump karena membagikan informasi yang salah mengenai virus corona. Facebook telah menarik perhatian anggota parlemen dan karyawannya dalam beberapa bulan terakhir karena tidak mengambil tindakan atas unggahan Trump yang dinilai berisi hasutan.

Sebelumnya, Facebook telah menghapus iklan kampanye pemilihan presiden (pilpres) Trump karena melanggar informasi yang salah seputar sensus nasional. Facebook juga menghapus unggahan Trump dan iklan kampanye dirinya yang menunjukkan simbol segitiga terbalik berwarna merah. Simbol ini digunakan oleh Nazi untuk mengindentifikasi tahanan politik.

Twitter juga menghapus video yang diunggah oleh akun @TeamTrump yang berisi kampanye Trump. Video itu dihapus karena telah membagikan informasi yang salah mengenai virus corona. Juru bicara Twitter mengatakan pemilik akun @TeamTrump akan diminta untuk menghapus tweet mereka.

Hingga berita ini diturunkan, Gedung Putih dan tim kampanye Trump tidak dapat dimintai komentar. Selama pengarahan di Gedung Putih, Trump mengulangi klaimnya bahwa penularan virus corona berdampak sangat kecil kepada anak-anak.

“Jika Anda melihat angka, dalam hal kematian untuk anak-anak di bawah usia tertentu, sistem kekebalan mereka sangat kuat. Mereka tampaknya dapat menanganinya dengan sangat baik dan itu sesuai dengan setiap klaim statistik," ujar Trump.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan kasus infeksi virus corona sebagian besar memang menyerang orang dewasa. Namun, anak-anak dan bayi juga rentan terkena virus tersebut dan dapat menularkannya kepada orang lain.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement